Modifikasi Yamaha XSR 155 Cafe Racer AMS Garage

Kompas.com - 18/10/2021, 14:41 WIB
Yamaha XSR 155 custom garapan AMS Garage Foto: YamahaYamaha XSR 155 custom garapan AMS Garage
|


BALI, KOMPAS.com - AMS Garage salah satu bengkel motor custom yang ikut dalam ajang Yard Built Indonesia, menyelesaikan Yamaha XSR 155 custom yang diubah menjadi gaya cafe racer.

Putu Ajus dari AMS Garage mengatakan memilih genre cafe racer karena sesuai dengan basis XSR 155. Meski demikian ubahannya disesuaikan dengan karakter AMS Garage.

Baca juga: Telat Beralih ke Era Kendaraan Listrik, Indonesia Bisa Ketinggalan

Yamaha XSR 155 custom garapan AMS GarageFoto: Yamaha Yamaha XSR 155 custom garapan AMS Garage

Ubahan paling mencolok terlihat dari penggunaan fairing berbahan aluminium. Mulai fairing, tangki, sepatbor depan dan buntut belakang dibiarkan punya tampilan yang "kasar."

Tujuannya ialah untuk menonjolkan hasil pengerjaan tangan yang dilakukan. Sebab tampilan alumunium tersebut semua dikerjakan pakai tangan alias hand made.

“Jadi alumuniumnya kami gosok-gosok secara manual pakai tangan sampai halus dan mengilap. Dengan hairline polish finishing terlihat seperti ada serat-serat rambut pada bahan alumunium. Dengan konsep seperti ini, kami ingin memperlihatkan totalitas dan kualitas," kata Ajus dalam keterangan resmi, Senin (18/10/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Yamaha XSR 155 custom garapan AMS GarageFoto: Yamaha Yamaha XSR 155 custom garapan AMS Garage

Ajus menekankan bahwa modifikasi adalah seni, butuh waktu dan pendalaman yang kuat untuk menampilkan karakter motor.

Baca juga: Mandalika Street Circuit Diklaim Jadi Trek Paling Canggih

Untuk itu motor yang diberi nama "Sang Macan" ini perlu diperhatikan detailnya agar komposisi yang diinginkan tidak keluar jalur.

Yamaha XSR 155 custom garapan AMS GarageFoto: Yamaha Yamaha XSR 155 custom garapan AMS Garage

Pengereman menggunakan caliper Brembo limbah dari Husqvarna dan master rem serta kopling menggunakan Brembo copotan Ducati.

Monoshock belakang masih bawaan pabrik. Tak lupa aplikasi setang underyoke agar motor terlihat bongkok.

Pelek belakang memakai wheeldop agar kesannya lebih padat. Ban depan tipe slick pakai IRC Fasti 1 ukuran 140/70-17 sedangkan belakang Pirelli Diablo Superbike ukuran 180/70-17.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.