Jadi Tuan Rumah WSBK dan MotoGP, Bendera Indonesia Dilarang Berkibar

Kompas.com - 18/10/2021, 10:42 WIB
Pit Building Modular di Sirkuit Mandalika Dok. @themandalikagpPit Building Modular di Sirkuit Mandalika

JAKARTA, KOMPAS.com - World Anti-Doping Agency (WADA) atau Badan Anti-Doping Dunia sudah memberikan teguran pada Indonesia. Salah satu sanksinya adalah pelarangan mengadakan kompetisi atau kejuaraan olahraga.

Namun, bagi kejuaraan yang sudah disepakati atau mendapatkan izin, akan tetap berjalan. Meski demikian, WADA tetap melarang adanya pengibaran bendera nasional dalam acara tersebut.

Baca juga: Terancam Sanksi WADA, Indonesia Optimistis Gelar MotoGP dan WorldSBK

Telah dikonfirmasi oleh WADA bahwa bendera nasional Indonesia tidak boleh secara resmi diperlihatkan pada ajang World Superbike (WorldSBK), MotoGP, Formula 1, atau acara balap motor lainnya, hingga status "ketidakpatuhan" dicabut.

Seri terakhir World Superbike (WorldSBK) 2021 akan digelar di Sirkuit MandalikaDok. Worldsbk.com Seri terakhir World Superbike (WorldSBK) 2021 akan digelar di Sirkuit Mandalika

“Terkait dengan bendera, konsekuensinya akan terbatas pada pengibaran resmi bendera oleh penyelenggara acara di venue/arena/stadion di mana kejuaraan regional, kontinental, atau dunia sedang berlangsung – baik pengibaran tersebut selama durasi pertandingan, acara atau untuk bagian tertentu dari acara seperti medali, upacara pembukaan atau penutupan atau elemen protokol lainnya," ujar juru bicara WADA, dikutip dari Crash.net, Senin (18/10/2021).

Larangan bendera resmi, berlaku dalam upacara penyerahan piala di podium, dan berlaku 'segera untuk setiap atlet/pebalap dan/atau tim Indonesia', adalah salah satu konsekuensi dari dinyatakan tidak mematuhi peraturan Kode Anti-Doping Dunia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Dapat Lampu Hijau, Indonesia Tetap Gelar WorldSBK dan MotoGP

Bendera Merah putih diganti PBSI saat Indonesia juara Piala Thomas 2020screenshoot Bendera Merah putih diganti PBSI saat Indonesia juara Piala Thomas 2020

Selain Indonesia, Thailand menjadi salah satu negara lainnya yang juga mendapat status ketidakpatuhan tersebut.

Sanksi tersebut bahkan sudah diberlakukan pada kejuaraan badminton Piala Thomas dan Piala Uber 2020. Meskipun Indonesia berhasil menjadi juara, tapi yang berkibar adalah bendera Persatuan Badminton Seluruh Indonesia (PBSI).

Dalam waktu dekat ini, Sirkuit Mandalika, Lombok, akan menggelar Asia Talent Cup (ATC) 2021. Ada empat pebalap muda Indonesia yang ikut bersaing, yakni Fadillah Aditama, Herjun Firdaus, Herliand Dandi, dan Azryan Dheyo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.