Carbon Tax Bergulir, Simak Daftar Harga Baru Mobil Toyota

Kompas.com - 18/10/2021, 13:01 WIB
Toyota IIMS Hybrid 2021 TAMToyota IIMS Hybrid 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Aturan mengenai Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) yang dihitung berdasarkan emisi gas buang atau dijuluki dengan carbon tax bergulir mulai Oktober 2021.

Dengan regulasi baru ini, perhitungan PPnBM tidak lagi ditentukan dari bentuk bodi seperti sedan atau bukan, penggerak 4x2 atau 4x4, dan sebagainya.

Melalui Peraturan Pemerintah Nomor 73 tahun 2019 yang diundangkan pada 16 Oktober 2019, aturan ini disebut berlaku dua tahun kemudian atau 16 Oktober 2021.

Kemudian regulasi tersebut mendapat revisi melalui Peraturan Pemerintah Nomor 74 tahun 2021 yang diundangkan pada 2 Juli 2021, terakit PPnBM untuk mobil listrik murni, hybrid, PHEV maupun fuel cell.

Baca juga: Sudah Tahu Letak Stiker Keterangan Tekanan Udara Ban Mobil?

Dengan berlakunya skema pajak baru, Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) mulai mengubah harga jual produk-produknya, salah satunya adalah Toyota.

Berdasarkan info dari salah satu pramuniaga Toyota, ada sejumlah model yang mengalami penurunan harga, namun ada juga yang naik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Per 16 Oktober sudah fix keluar harga baru, ada yang turun dan naik,” ucap pramuniaga tersebut kepada Kompas.com, Senin (18/10/2021).

Misalnya untuk sedan, hampir semua model seperti Vios, Corolla Altis, dan Camry bakal turun harga. Sebab revisi PPnBM membuat besaran pajak sedan turun seperti halnya mobil penumpang biasa.

Toyota InnovaKOMPAS.com/Gilang Toyota Innova

Kemudian Innova tipe bensin naik menjadi 20 persen, namun untuk tipe diesel tidak berubah yakni sebesar 20 persen.

Adapun Fortuner 4x2 bensin turun menjadi 25 persen, dari sebelumnya 40 persen. Kemudian Fortuner 4x2 diesel naik, dari 20 persen menjadi 25 persen. 

Baca juga: Penumpang Bus Masih Sulit Diminta Pakai Sabuk Pengaman

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.