Pentingnya Pasang Baut Khusus untuk Cegah Pencurian Pelek Mobil

Kompas.com - 11/10/2021, 16:01 WIB
Belakangan kembali marak terjadi kasus pencurian pelek. Instagram/jdmprojectsBelakangan kembali marak terjadi kasus pencurian pelek.
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Belakangan ini kasus pencurian pelek mobil bukan sekali atau dua kali terjadi. Saking seringnya, pemilik mobil sampai harus menambah pengamanan agar kejadian ini tidak terulang.

Untuk mengantisipasinya, pemilik mobil bisa memasang baut khusus pada pelek. Bahkan beberapa pabrikan mulai menjadikan baut ini sebagai piranti standar. Salah satunya seperti yang sudah diterapkan pada mobil-mobil lansiran Volkswagen.

Aswin Febianto, Product Trainer PT Garuda Mataram Motor (Volkswagen Indonesia), mengatakan, baut sejenis ini sudah terpasang di mobil-mobil VW keluaran terbaru.

Baca juga: Video Viral, Pak Tani Naik Motor dengan Keseimbangan Penuh

Pelek mobil VW menggunakan baut khusus yang dijuluki safety bolt, alat ini akan menyulitkan pencuri untuk mengambil pelek.Kompas.com/Dio Pelek mobil VW menggunakan baut khusus yang dijuluki safety bolt, alat ini akan menyulitkan pencuri untuk mengambil pelek.

Contohnya pada VW Tiguan Allspace yang memiliki lima baut roda. Salah satu bautnya menggunakan baut yang hanya bisa dibuka dengan kunci khusus.

“Kalau kami menyebutnya safety bolt, untuk membukanya pakai kunci yang ada di tool kit mobil di bagasi. Fungsinya untuk menghindari pencurian, karena kasus seperti ini juga marak di Eropa,” ujar Aswin, kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Memasang baut khusus pada pelek mobil, meskipun cuma satu, sudah efektif mengulur waktu pencuri ketika sedang beraksi.

Baca juga: Mesin Rocky 1.2L Bisa Langsung Jalan Tanpa Ritual Pemanasan

Lepas pasang baut yang terlihat sepele tetap ada aturannyaFoto:Peugeot Lepas pasang baut yang terlihat sepele tetap ada aturannya

Sementara itu, Didi Ahadi, Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor, mengatakan, baut khusus bisa menjadi solusi untuk mengamankan pelek mobil. Menurutnya baut aftermarket seperti ini bisa didapatkan di berbagai sentra otomotif.

Baut khusus atau lock nut itu tidak bisa dibuka dengan kunci biasa. Tapi harus memakai kunci khusus yang sesuai dengan pola baut, tujuannya agar tidak bisa dibuka orang lain,” kata Didi kepada Kompas.com belum lama ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.