Belajar dari Peristiwa Sedan Terbakar di Tol JORR, Jangan Panik

Kompas.com - 11/10/2021, 14:12 WIB
Tangkapan layar video sebuah sedan terbakar di Tol JORR, Minggu (10/10/2021). Akun Instagram @jktinfoTangkapan layar video sebuah sedan terbakar di Tol JORR, Minggu (10/10/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Viral di media sosial unggahan video yang memperlihatkan mobil sedan terbakar habis di Jalan Tol JORR. Nampak sedan tersebut sudah tidak terselamatkan karena api menyelimuti keseluruhan bodi mobil.

Dari keterangan pada unggahan akun Instagram @jktinfo, peristiwa tersebut terjadi pada Minggu (10/10/2021). Lebih detail, lokasi kejadian berada di Tol JORR arah Jakarta, Cipayung, Jakarta Timur.

Kuat dugaan, mobil sedan ini terbakar bermula dari percikan api akibat korsleting pada sistem kelistrikannya.

Baca juga: Berapa Jarak yang Bisa Ditempuh Saat Indikator BBM E?

Kejadian mobil terbakar bisa menimpa siapa saja dan kapan saja. Tidak cuma karena korsleting, sejumlah faktor lain juga bisa jadi penyebabnya. Namun, yang paling penting pengemudi harus bisa mengontrol emosi dan tidak mudah panik.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by JAKARTA INFO (@jktinfo)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Sering kali pengemudi langsung panik ketika mobilnya terbakar, sebaiknya tetap tenang dan mengontrol emosi,” ujar Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Usai meminggirkan mobil yang sudah berasap atau bahkan timbul api ke area yang aman, evakuasi penumpang harus segera dilakukan. Selain itu, segera ambil alat pemadam api ringan (APAR) yang sudah dibawa di dalam mobil.

Baca juga: Catat, Ini 8 Lokasi Pemeriksaan Ganjil Genap di Puncak Bogor

Sony menyarankan untuk menggunakan APAR jika ukuran api belum membesar dan mampu disemprot oleh APAR. Namun jika kobaran api sudah membesar, butuh tim pemadam kebakaran yang memiliki peralatan lebih lengkap.

APAR yang ada di dalam mobil hanya bisa menangani kebakaran yang sifatnya masih terkendali atau belum membesar. Api yang sudah membesar tidak akan sanggup ditangani oleh semprotan dari APAR.

“Memang kalau tidak segera ditangani api pasti semakin besar, karena banyak dari material mobil tidak fireproof,” kata Sony.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.