Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembangan Alur Ban Motor Bukan Hiasan, Ini Fungsinya

Kompas.com - 08/10/2021, 18:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comBan punya peranan penting pada keselamatan pengendara motor. Mengingat hanya ban motor yang menempel ke aspal, sehingga kondisinya perlu diperhatikan dengan baik.

Jika melihat ban motor yang biasa digunakan untuk harian, ada alur-alur di bagian telapaknya. Alur ini pun bentuknya beragam, ada yang membulat, bahkan ada juga yang tajam-tajam tarikan alurnya.

Alur yang ada pada ban ini bukan sekadar hiasan, tetapi punya fungsi yang tidak kalah pentingnya. Pertama adalah sebagai pembuangan air saat melewati permukaan jalan yang basah.

Baca juga: Ini Kalender Sementara MotoGP 2022, GP Mandalika Digelar Maret

Progresif TWI pada ban FDRKOMPAS.com/Gilang Progresif TWI pada ban FDR

Technical Service & Development Dept. Head ban FDR Jimmy Handoyo mengatakan, ada juga fungsi penunjang dari alur ban, jadi bukan hanya bermafaat saat kondisi hujan saja.

“Fungsi lain dari kembangan adalah untuk mengurangi panas dan noise saat ban bergesekan dengan aspal,” ucap Jimmy kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Tanpa Kepastian Harga, Pemesanan BR-V Didominasi Varian Honda Sensing

Selain itu, alur tadi juga bisa membantu motor untuk melewati jalanan dengan aspal kasar yang penuh kerikil. Jika digunakan di aspal kasar tadi, tentu ada efeknya yang membuat ban cepat aus karena bergesekan dengan permukaan yang kasar.

“Saat ini, pattern atau alur ban juga berfungsi sebagai gaya, makanya banyak berbagai macam pola alur kembangan ban,” kata Jimmy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com