Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menang di Austin, Marquez Bilang Tangannya Masih Cedera

Kompas.com - 08/10/2021, 17:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim ini, Marc Marquez berhasil meraih kemenangan dua kali, yakni pada MotoGP Jerman dan MotoGP Amerika. Meski demikian, dia mengaku masih jauh dari kata kompetitif.

Sirkuit Sachsenring dan Sirkuit Austin memang beberapa tahun belakangan ini selalu didominasi oleh Marquez. Bahkan, dengan kondisi yang belum seratus persen prima pun dia tetap bisa menguasainya.

Baca juga: Marc Marquez Sudah Memprediksi Kemenangan di MotoGP AS 2021

Marquez mengatakan, dirinya merasakan tekanan atas ekspekstasi banyak orang di musim ini. Selain itu, menurutnya, musim ini berjalan sangat aneh dan sulit baginya.

Pebalap Repsol Honda Marc Marquez (Spanyol) melaju lurus pada MotoGP America di Circuit Of The Americas COTA. Latihan bebas pada 1 Oktober 2021 di Austin, Texas. Hasil MotoGP Amerika, Marc Marquez terdepan.MIRCO LAZZARI GP Pebalap Repsol Honda Marc Marquez (Spanyol) melaju lurus pada MotoGP America di Circuit Of The Americas COTA. Latihan bebas pada 1 Oktober 2021 di Austin, Texas. Hasil MotoGP Amerika, Marc Marquez terdepan.

"Sangat sulit tahun ini, terkadang saya jatuh dan tidak tahu mengapa. Terkadang saya cepat, tapi juga tidak tahu bagaimana. Terkadang saya lambat tanpa tahu mengapa," ujar Marquez, dikutip dari Speedweek.com, Jumat (8/10/2021).

Meski demikian, Marquez menambahkan, selangkah demi selangkah dia bisa mengendarai motornya dengan lebih baik. Selain itu, dia juga bisa mengatasi situasi dengan lebih baik.

Baca juga: Hasil MotoGP Amerika, Kemenangan Manis Marc Marquez

"Tapi, saya masih jauh. Saya ingin dan saya harus terus bekerja dan berusaha, karena feeling spesial dengan motor masih belum ada di sana," kata Marquez.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Amerika 2021.   Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)MIRCO LAZZARI GP Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Amerika 2021. Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)

Marquez mengatakan, sirkuit dengan banyak tikungan ke kiri merupakan salah satu kekuatan terbesarnya. Tapi, dengan adanya cedera tersebut, perbedaannya jadi semakin besar.

Saat tikungan ke kiri, dia bisa menggunakan tangan kirinya dan otot trisep dengan baik. Tapi, saat tikungan ke kanan, dia masih harus menggunakan tangan kirinya. Sehingga, menyebabkan understeer.

"Jika saya berusaha dengan tangan kanan, saat ini tidak bisa. Tapi, saya bisa berkendara dengan baik. Sulit seperti ini, terkadang saya terjatuh karena grip ban depan dan tidak bisa menahan motor dengan siku," ujar Marquez.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com