Iklan Jadul Toyota Kijang, Masih Jadi Kendaraan Niaga

Kompas.com - 08/10/2021, 14:21 WIB
Iklan Toyota Kijang 1981 tiktok.com/ngangenin_85Iklan Toyota Kijang 1981

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Kijang menjadi salah satu mobil yang paling legendaris di Indonesia. Kebutuhan masyakarat Indonesia yang senang dengan mobil berkapasitas luas dan memiliki kabin lapang, membuat Toyota Kijang terus menjadi primadona.

Sejak memulai debutnya pada Juni 1977, Toyota Kijang terus berevolusi sampai kini menjadi model Kijang Innova.

Salah satu dokumentasi mengenai Kijang pun banyak tersebar di dunia maya. Salah satunya video yang memperlihatkan iklan televisi Toyota Kijang pada tahun 1981.

Video yang diunggah oleh akun Tiktok @nganenin_85 itu memperlihatkan Toyota Kijang dengan bintang iklan aktor serta penyanyi dangdut Jaja Miharja.

Baca juga: Kerap Disepelekan, Tekanan Angin Ban Itu Krusial

Dalam iklan tersebut dijelaskan mengenai berbagai keunggulan Kijang, mulai dari tangguh untuk kegiatan usaha membawa barang berat serta mobil angkutan kantor.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Toyota Kijang lansiran 1977 atau yang biasa dikenal dengan Toyota Kijang Buaya pertama kali diluncurkan pada Pekan Raya Jakarta 1977.

@ngangenin_85 #fyp #iklanjadul #ngangenin #toyota ? suara asli - Ngangenin_

Kijang generasi pertama ini menjadi pesaing dari Mitsubishi Colt yang menjadi kendaraan yang mendominasi pasar mobil minibus di Indonesia pada saat itu.

Dijuluki Kijang Buaya lantatan model buka-tutup kap mesin depan pada hidung mobil (bonnet) yang mirip dengan mulut buaya apabila kap mesin depan sedang dibuka.

Baca juga: Kerap Disepelekan, Tekanan Angin Ban Itu Krusial

Pada awal peluncurannya, total produksi Toyota Kijang hanya berjumlah 1.168 unit. Kemudian, perlahan-lahan, jumlahnya meningkat menjadi 4.624 unit pada tahun 1978. Jumlah produksi Toyota Kijang terus meningkat dari tahun ke tahun.

Generasi pertama Kijang yang merupakan mobil pikap ini menggunakan mesin tipe 3K berkuatan 1.200 Liter 1,166 cc dengan tranmisi manual 4 percepatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.