Lakukan Ini Saat Bertemu Pengguna Motor yang Ngobrol di Jalan

Kompas.com - 08/10/2021, 06:42 WIB
Biker ngobrol di atas motor instagram.com/dashcam_owners_indonesiaBiker ngobrol di atas motor
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Tak jarang di jalan menjumpai dua pengendara sepeda motor yang ngobrol sambil riding. Bahkan sampai cekikikan atau bercanda di jalan.

Training Director Safety Defensive Consultant Sony Susmana mengatakan, selain mengganggu pemakai jalan lain di belakang, mengobrol di jalan raya sambil bekendara juga memperbesar risiko kecelakaan.

Baca juga: Sirkuit Mandalika Siap Gelar Sesi Tes Pra-Musim MotoGP Februari 2022

Mengobrol di jalan sampai bercanda dapat menurunkan tingkat konsentrasi.

Pengendara motor ngobrol di jalan rayainstagram.com/dashcamindonesia Pengendara motor ngobrol di jalan raya

“Di pinggir jalan saja risiko bahayanya besar apalagi di jalan raya. Jadi bukan tempatnya ngobrol atau bersilaturahmi di jalan raya, karena potensi bahayanya besar akibat gagal ngerem dari kendaraan di belakang,” ucap Sony saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Sony melanjutkan, jika bertemu dengan pengendara motor seperti itu, sebaiknya segera bunyikan klakson dengan tujuan menghentikan percakapan mereka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Suara klakson pasti akan mengganggu dan menghentikan percakapan, dan menyelamatkan mereka dari bahaya, sehingga mereka paham bahwa yang dilakukannya adalah salah," katanya.

Baca juga: Ini Kalender Sementara MotoGP 2022, GP Mandalika Digelar Maret

"Apabila memungkinkan tegur dan katakan, ‘silahkan ke pinggir, kalau mau ngobrol tidak di jalan raya’,” kata Sony.

Pengendara motor perlu paham jika diingatkan oleh pemakai jalan lain jika ngobrol di jalan. Sebab berbeda jauh ketika mengingatkan hal darurat, seperti lupa menaikkan standar samping.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.