Kompas.com - 07/10/2021, 18:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dorna Sports belum lama ini merilis kalender sementara MotoGP 2022. Dalam keterangan resminya, dicantumkan juga jadwal sesi tes pra-musim.

Dikutip dari MotoGP.com, Kamis (7/10/2021), Shakedown Test akan dilakukan pada 31 Januari hingga 2 Februari 2022 di Sirkuit Sepang, Malaysia. Untuk sesi tes pertama di 2022, Sirkuit Sepang kembali jadi tuan rumah dan akan digelar pada 5-6 Februari 2022.

Selanjutnya, sesi tes pra-musim akan digelar di Sirkuit Mandalika pada 11-13 Februari 2022. Rencananya, MotoGP Indonesia akan dilaksanakan pada 20 Maret 2022.

Baca juga: Alasan Jadwal Seri Terakhir WorldSBK di Sirkuit Mandalika Diundur

Sesi tes pra-musim terakhir akan digelar di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada 22-24 Februari.

Happy Harinto, Chief Strategic and Communication Mandalika Grand Prix Association (MGPA), mengatakan, ini sesuatu hal yang membanggakan bagi Indonesia.

Selain itu, jadi sebuah kehormatan bagi Mandalika dijadikan sirkuit untuk bisa melakukan uji coba atau tes pra-musim MotoGP 2022.

Bo Bendsneyder, pebalap Pertamina Mandalika SAG Team pada sesi tes pra-musim di QatarRafa Marrodan RME Bo Bendsneyder, pebalap Pertamina Mandalika SAG Team pada sesi tes pra-musim di Qatar

"Produsen produk–produk yang mendukung event balap di MotoGP, dari helm, racing suit, sarung tangan, sepatu, engine, chassis, beban, stamina dan juga ajang untuk menguji skill pebalap, mekanik, serta semua teknologi dan engineer terbaik dari tiap pabrikan yang akan hadir dan diuji di Mandalika," kata Happy, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Sesi tes pra-musim ini juga penting bagi pebalap untuk mengenal sirkuit yang baru akan digunakan dalam kalender balap MotoGP. Pebalap harus mempelajari layout, karakter tikungan, dan karakter aspalnya.

Baca juga: Bisa Naik Bus Damri Menuju Sirkuit Mandalika

"Semua hal tersebut harus dites sebelum menghadapi musim balap tahun 2022. Setting dari tiap elemen dan komponen akan diuji, seperti bagaimana setting suspensinya, strategi elektroniknya dan telemetri, strategi dan komposisi ban yang akan digunakan dalam menghadapi semua karakter sirkuit di dunia," ujar Happy.

Marc Marquez saat sesi tes pra-musim di Valencia, Spanyol. (Photo by JOSE JORDAN / STR / AFP)JOSE JORDAN Marc Marquez saat sesi tes pra-musim di Valencia, Spanyol. (Photo by JOSE JORDAN / STR / AFP)

Sehingga, performa motor akan terjaga dalam menghadapi setiap kompetisi, dan untuk selanjutnya GP Comission akan mencatat dan menyegel semua teknologi yang akan digunakan di musim 2022.

"Kira-kira seperti itu bayangan begitu pentingnya Tes Pra Musim bagi keberlangsungan event MotoGP jadi kami harus bersiap untuk momen yang sangat luar biasa ini dan semoga ini menjadi awal yang baik bagi sirkuit Mandalika di pentas dunia," ujar Happy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.