Ada Aturan Baru Ganjil Genap di Bandung Mulai Hari Ini

Kompas.com - 01/10/2021, 07:42 WIB
Petugas gabungan dari Polrestabes Bandung dan Dinas Perhubungan Kota Bandung melaksanakan penerapan ganjil genap di depan pintu gerbang Tol Pasteur, Bandung, Jawa Barat, Jumat (3/9/2021). Penerapan ganjil genap di lima titik gerbang tol Kota Bandung ini merupakan salah satu upaya untuk mengendalikan arus kendaraan yang masuk selama akhir pekan guna menekan penyebaran virus corona. KOMPAS.com/AGIE PERMADIPetugas gabungan dari Polrestabes Bandung dan Dinas Perhubungan Kota Bandung melaksanakan penerapan ganjil genap di depan pintu gerbang Tol Pasteur, Bandung, Jawa Barat, Jumat (3/9/2021). Penerapan ganjil genap di lima titik gerbang tol Kota Bandung ini merupakan salah satu upaya untuk mengendalikan arus kendaraan yang masuk selama akhir pekan guna menekan penyebaran virus corona.

JAKARTA, KOMPAS.com - Aturan pembatasan mobilitas masyarakat melalui ganjil genap nomor kendaraan bermotor di wilayah Kota Bandung kembali berlaku selama akhir pekan ini, mulai Jumat, (1/10/2021).

Keputusan tersebut dilakukan guna mengurangi kepadatan dan kemacetan lalu lintas usai pengurangan level PPKM. Sehingga, penyebaran pandemi Covid-19 dapat ditekan secara maksimal.

Menariknya, pada penerapan ganjil genap kali ini ada mekanisme yang berbeda khususnya pada jadwal, seperti dijelaskan Kepala Bidang Pengendalian dan Ketertiban Transportasi (Kabid PDKT) Dishub Kota Bandung, Asep Kuswara.

Baca juga: Perhatikan Hal Sederhana Ini Agar Mobil Tak Ditolak Saat Klaim Asuransi

Petugas gabungan dari Polrestabes Bandung dan Dinas Perhubungan Kota Bandung melaksanakan penerapan ganjil genap di depan pintu gerbang Tol Pasteur, Bandung, Jawa Barat, Jumat (3/9/2021). Penerapan ganjil genap di lima titik gerbang tol Kota Bandung ini merupakan salah satu upaya untuk mengendalikan arus kendaraan yang masuk selama akhir pekan guna menekan penyebaran virus corona.KOMPAS.com/AGIE PERMADI Petugas gabungan dari Polrestabes Bandung dan Dinas Perhubungan Kota Bandung melaksanakan penerapan ganjil genap di depan pintu gerbang Tol Pasteur, Bandung, Jawa Barat, Jumat (3/9/2021). Penerapan ganjil genap di lima titik gerbang tol Kota Bandung ini merupakan salah satu upaya untuk mengendalikan arus kendaraan yang masuk selama akhir pekan guna menekan penyebaran virus corona.

"Untuk hari Jumat, mulainya pukul 14.00 WIB sampai dengan 21.00 WIB di 5 gate tol," kata dia, Kamis (30/9/2021).

Adapun gerbang tol yang dimaksud ialah Gerbang Tol Buah Batu, Gerbang Tol Pasteur, Gerbang Tol Mohammad Toha, Gerbang Tol Pasir Koja, dan Gerbang Tol Kopo.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara ganjil genap di kota Bandung pada hari Sabtu dan Minggu akan kembali diberlakukan sejak pukul 06.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB di 5 gerbang tol dan di Terminal Ledeng

"Sabtu dan Minggu seperti biasa mulai pukul 06.00 WIB sampai dengan 21.00 WIB ditambah dengan Terminal Ledeng," lanjut Asep.

Baca juga: Ini Mobil yang Sudah Disuntik Mati tapi Masih Laris

Sejumlah kendaraan terlihat maju perlahan saat melintasi jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, Minggu (12/9/2021).KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Sejumlah kendaraan terlihat maju perlahan saat melintasi jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, Minggu (12/9/2021).

Untuk diketahui, saat pemberlakuan ganjil genap,setiap kendaraan non plat D yang masuk Kota Bandung akan diperiksa sesuai dengan nomor kendaraan (motor dan mobil) yang ditetapkan saat aturan ganjil genap.

Namun, khusus untuk lokasi ganjil genap di Terminal Ledeng, petugas juga akan memeriksa kendaraan dengan plat D karena beberapa pertimbangan.

Meski demikian, ada beberapa kendaraan yang mendapat pengecualian dalam aturan ganjil genap ini mulai dari kendaraan dinas, kendaraan umum, kendaraan angkutan barang, ambulans, dan kendaraan darurat lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.