Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Fitur Cruise Control, Pengemudi Tetap Harus Waspada

Kompas.com - 30/09/2021, 19:51 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Teknologi yang hadir di mobil penumpang saat ini memang semakin canggih. Salah satu fitur canggih tersebut adalah cruise control, di mana mobil bisa berjalan dengan kecepatan tertentu tanpa perlu menahan pedal gas.

Fitur ini memang sangat memudahkan pengemudi, apalagi jika digunakan di jalan tol dengan kondisi jalan yang kosong. Sehingga pengemudi bisa fokus melihat ke depan, tidak perlu memerhatikan kecepatannya.

Namun hadirnya fitur ini bukan berarti pengemudi lalai, menyerahkan semua kontrol kepada kendaraan. Karena jika sampai lalai, bukan berarti kecelakaan bisa dihindari.

Baca juga: Jangan Pakai Air Keran untuk Wiper Fluid Mobil

Pajero Sport  Mitsubishi Motors Indonesia Pajero Sport

Brand Ambassador Mitsubishi Motors Indonesia Rifat Sungkar menjelaskan, ada dua tipe cruise control pada kendaraan, pertama cruise control biasa dan satu lagi yang adaptive cruise control.

“Yang dipakai di Mitsubishi Xpander adalah cruise control normal. Kecepatan memang bisa kita lock, tapi driver awareness itu harus menjadi perhatian utama,” ucap Rifat dalam acara MMKSI Virtual Interview, Rabu (29/9/2021).

Sedangkan untuk adaptive cruise control, bisa ditemukan di Pajero Sport Dakar Ultimate. Bedanya, untuk yang adaptive lebih canggih, bahkan disertai dengan radar yang bisa mendeteksi kecepatan mobil di depannya.

Baca juga: Ini Pilihan Mobil Bekas Harga di Bawah Rp 50 Juta di Bandung

“Ketika kita set di 60 kpj, mobil di depan mengerem jadi 50 kpj, mobil kita akan ikut mengerem. Begitu juga jika dia balik lagi ke 60 kpj, mobil akan mengikuti kecepatannya, dan itu sangat membantu,” kata Rifat.

Selain itu, fitur adaptive cruise control juga kerap diiringi fitur forward collision mitigation. Fitur tadi mencegah mobil menabrak kendaraan di depannya dengan mengeluarkan peringatan suara atau sampai menginjak pedal rem secara otomatis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com