Perhatikan Hal Sederhana Ini Agar Mobil Tak Ditolak Saat Klaim Asuransi

Kompas.com - 30/09/2021, 20:11 WIB
Asuransi mobil utah778Asuransi mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Punya kendaraan roda empat yang ditanggung asuransi, tentu membuat si pemilik kendaraan merasa nyaman. Namun ternyata, tak selamanya bisa diklaim untuk diperbaiki, ketika mengalami kerusakan.

Untuk mengajukan asuransi, cukup sederhana sebetulnya. Pertama hal yang paling dasar adalah si pengemudi kendaaan, wajib memiliki dan membawa Surat Izin Mengemudi (SIM) agar klaim tidak ditolak.

Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pemilik kendaraan agar klaim asuransi dapat diterima.

Baca juga: WIKON Ambil Seluruh Kepemilikan Gesits

“Jika melanggar peraturan lalu lintas seperti parkir di lokasi dilarang parkir atau tanda P dicoret itu tidak akan di klaim. Karena peraturan lalu lintas di atas kekuasaan asuransi,” ucap Laurentius Iwan Pranoto, Head of Communication & Customer Service Management Asuransi Astra, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (30/9/2021).

Kendaraan parkir di bahu Jalan Kramat Raya Jakarta Pusat, padahal terdapat rambu dilarang parkir di sepanjang kawasan tersebut, Rabu (25/9/2013)Zico Nurrashid Kendaraan parkir di bahu Jalan Kramat Raya Jakarta Pusat, padahal terdapat rambu dilarang parkir di sepanjang kawasan tersebut, Rabu (25/9/2013)

Kemudian, jangan menggunakan mobil lebih dari batas kemampuan. Misalnya, mobil yang seharusnya berisi berkapasitas tujuh diisi oleh penumpang dengan kapasitas 10 orang.

Pasalnya, banyak pemilik kendaraan yang membawa penumpang lebih dari kapasitas seharusnya, atau juga barang-barang bawaan yang overload.

Baca juga: Honda BR-V Baru Operasi Wajah, Ambil Tema ALTO

“Selain itu, mobil yang sudah tidak layak jalan, kemudian dipaksa dihidupkan hingga terjadi kebakaran juga tidak bisa di cover oleh asuransi,” ucap Iwan.

Maka dari itu, pemilik kendaraan sebaiknya jangan abai dan perlu memperhatikan hal sederhana yang bisa membuat klaim asuransi ditolak agar tidak merugi di kemudian hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.