Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GP Argentina Masuk Kalender MotoGP sampai 2025

Kompas.com - 30/09/2021, 14:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

BUENOS AIRES, KOMPAS.com - Penyelenggara MotoGP, Dorna Sports mengumumkan Sirkuit Termas de Rio Hondo di Argentina, tetap masuk kalender balap MotoGP sampai 2025.

Bos Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, mengatakan, penyelenggara MotoGP dan pihak sirkuit sudah memperpanjang kontrak selama tiga tahun untuk menggelar GP Argentina.

Baca juga: Kapan Harus Mengganti Minyak Rem pada Mobil?

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)ANDREAS SOLARO Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)

“Pembaruan kontrak tiga tahun dengan Grand Prix Argentina adalah berita fantastis untuk MotoGP yang sekali lagi menunjukkan tingkat minat yang luar biasa pada olahraga kami di seluruh wilayah," katanya mengutip Tuttomotoriweb, Kamis (30/9/2021).

"Penonton yang mengesankan yang memadati acara tersebut menunjukkan betapa pentingnya kehadiran kami di Argentina dan Amerika Latin sebenarnya,” katanya.

Sirkuit Termas de Rio Hondo dibuka pada 2013 terdiri dari 14 tikungan dengan panjang 4.806 meter. Sirkuit ini dianggap sebagai salah satu sirkuit paling ikonik dlam beberapa tahun terakhir.

Baca juga: Jangan Sembrono, Klaim Asuransi Mobil Terendam Banjir Bisa Ditolak

Pebalap Aprilia Racing, Maverick Vinales, saat konferensi pers menjelang MotoGP Aragon 2021 di Sirkuit MotorLand Aragon, Kamis (9/9/2021). AFP/LLUIS GENE Pebalap Aprilia Racing, Maverick Vinales, saat konferensi pers menjelang MotoGP Aragon 2021 di Sirkuit MotorLand Aragon, Kamis (9/9/2021).

Rekor balapan dicetak Valentino Rossi pada 19 April 2015 dengan catatan waktu 1 menit 39.019. Pada tahun yang sama, Rossi menang dengan mengenakan jersey Maradona di podium.

Adapun pebalap tersukses di Argentina adalah Marc Marquez yang menang tiga kali menang. Disusul Vinales dan Crutchlow di posisi kedua dengan jumlah dua kali menang.

GP Argentina sendiri dua kali absen pada musim 2020 dan 2021 karena pandemi Covid-19. Harapannya ialah balapan GP Argentina akan kembali bisa digelar pada musim depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com