Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marquez Mengaku Kondisinya Belum Pernah 100 Persen Saat Balapan

Kompas.com - 30/09/2021, 08:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez musim ini bisa dibilang kurang kompetitif. Performanya belum kembali seperti saat dirinya belum mengalami patah tulang.

Patah tulang pada lengan bagian kanan yang dialaminya masih dalam proses penyembuhan. Salah satu dampaknya adalah kekuatan bahunya.

Baca juga: Optimisme Marquez Balapan di Sirkuit Favoritnya

Bahunya belum mencapai kondisi terbaik, sehingga dia tidak bisa mengendarai Honda RC213V sebebas yang dia inginkan. Untuk pebalap yang biasa menang, kondisi ini sulit untuk bertahan secara psikologi.

Pebalap Francesco Bagnaia (Ducati) mengendarai motornya di depan pebalap Repsol Honda Marc Marquez (kanan) pada MotoGP Aragon di Sirkuit Motorland di Alcaniz pada 12 September 2021.AFP/LLUIS GENE Pebalap Francesco Bagnaia (Ducati) mengendarai motornya di depan pebalap Repsol Honda Marc Marquez (kanan) pada MotoGP Aragon di Sirkuit Motorland di Alcaniz pada 12 September 2021.

"Ketika Anda menang dan hasil bagus datang setiap akhir pekan, sangat mudah untuk tetap termotivasi, melupakan yang lain, dan komentar-komentar," ujar Marquez, dikutip dari Tuttomotoriweb.it, Rabu (29/9/2021).

Marquez menambahkan, ketika berada di situasi yang sulit, semua hal dapat lebih memengaruhi.

Baca juga: Jadwal MotoGP Amerika 2021, Menanti Kemenangan Kedua Marquez

Sejak kembali balapan di musim ini, Marquez sering melakukan kesalahan yang membuatnya terjatuh. Namun, baru pada beberapa seri belakangan ini dia tidak mengambil risiko berlebih.

Pebalap Ducati Francesco Bagnaia (kiri) saat memimpin balapan di depan Marc Marquez (Repsol Honda) pada MotoGP Aragon 2021 di Sirkuit Motorland di Alcaniz pada 12 September 2021.AFP/LLUIS GENE Pebalap Ducati Francesco Bagnaia (kiri) saat memimpin balapan di depan Marc Marquez (Repsol Honda) pada MotoGP Aragon 2021 di Sirkuit Motorland di Alcaniz pada 12 September 2021.

"Sekarang, saya harus balapan seperti ini, meninggalkan sedikit margin, karena saya tidak siap untuk bertarung jarak dekat," kata Marquez.

Marquez mengatakan, dia tidak siap untuk menyelamatkan motor dengan sikutnya ketika terjatuh seperti sebelum mengalami patah tulang. Namun, dia berusaha untuk memperbaikinya.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Austria 2021. (Photo by Joe Klamar / AFP)JOE KLAMAR Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Austria 2021. (Photo by Joe Klamar / AFP)

"Ada hari-hari di mana saya merasa 80 persen dan sisanya 60 persen. Tapi, tidak pernah lebih dari 80 persen. Ini tujuan saya untuk musim dingin berikutnya, untuk fokus pada diri sendiri dan bahu kanan saya," ujar Marquez.

Mulai sekarang hingga sesi tes di Jerez pada November nanti, Marquez fokus untuk mengembangkan RC213V untuk musim depan.

"Kami harus meningkat, kami butuh sesuatu yang lebih, mungkin 0,1 detik tiap tikungan. Kami pebalap Honda, kami tidak bisa berpikir kami hanya mampu bersaing di satu sirkuit, kami harus bisa bersaing untuk menang di setiap trek, tapi kami masih jauh," kata Marquez.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com