Lagi Tren Gaya Meaty, Pakai Ban dengan Dinding Tebal

Kompas.com - 28/09/2021, 10:42 WIB
Ilustrasi ban mobil Dok. ShutterstockIlustrasi ban mobil

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemilik kendaraan di Indonesia sudah lumrah dengan modifikasi, salah satunya urusan pilihan ban. Pasalnya, ban merupakan salah satu bagian mobil yang paling mudah dimodifikasi.

Adalah dengan memilih ukuran tertentu untuk menghasilkan tampilan berbeda. Salah satu fitment atau estetika tampilan yang lagi tren belakangan di dunia modifikasi mobil, adalah gaya meaty.

Gaya meaty adalah menggunakan ban dengan dinding lebih tebal, sehingga pelek atau kaki-kaki mobil terlihat lebih padat. Biasanya diikuti dengan upaya menurunkan jarak fender ke ban, sehingga makin menunjang konsep fitment meaty ini.

Perlu dipahami kalau ban merupakan komponen penting penunjang keselamatan mobil. Namun, ada juga yang beranggapan kalau ban mobil bisa membuat kualitas berkendara jadi semakin nyaman.

Sebagian orang berpikir kalau mengganti ban dengan dinding yang lebih tebal, bisa membuat rasa berkendara semakin nyaman. Dinding ban yang lebih tebal bisa didapatkan dengan mengganti ukuran ban jadi lebih besar dengan aspect ratio yang juga besar.

Lalu apakah benar, jika dibandingkan dua buah ban dengan lebar tapak yang sama namun aspect ratio salah satunya lebih besar, maka bisa lebih nyaman?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Maraknya Aksi Remaja Hentikan Truk, Sopir Jangan Dipidana Kalau Terjadi Kecelakaan

Ban mobil terdefleksiBambang Widjanarko Ban mobil terdefleksi

On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk. Zulpata Zainal mengatakan, secara teori memang benar kalau ban dengan dinding tebal lebih nyaman. Tetapi hal ini belum tentu terjadi jika perbedaannya hanya sedikit.

“Kenyamanan kalau diambil hanya dari dinding samping ban, maka defleksi yang paling tinggi yang nyaman. Dinding ban yang tebal pasti defleksinya lebih besar daripada yang tipis,” ucap Zulpata kepada Kompas.com, Senin (27/9/2021).

Zulpata mengatakan, perbedaan kenyamanan jika melihat dari dinding ban saja mungkin baru terasa jika perbedaannya jauh. Misalnya ban dengan aspect ratio 70 dibandingkan dengan 60 atau 55 yang dindingnya lebih tipis.

Baca juga: Melanggar Marka Jalan Bisa Didenda Rp 500.000, Ini Aturannya

“Kalau dibandingkan aspect ratio 65 dengan 60, mungkin aktualnya bisa sama nyamannya. Bahkan yang 60 bisa saja lebih nyaman,” kata dia.

Selain dari dinding ban, bagian telapak ban juga turut memengaruhi kenyamanan berkendara. Misalnya dari kompon maupun kontruksi dari ban tersebut yang lebih nyaman atau tidak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.