Ada Genangan Air di Jalan, Jangan Asal Terabas

Kompas.com - 28/09/2021, 06:42 WIB
Warga nekat menerjang genangan air di Jalan A Yani Desa Cengkok, Ngronggot, Nganjuk, Selasa (9/3/2021). KOMPAS.com/USMAN HADIWarga nekat menerjang genangan air di Jalan A Yani Desa Cengkok, Ngronggot, Nganjuk, Selasa (9/3/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkendara pada saat hujan memiliki risiko lebih tinggi jika dibandingkan dengan berkendara pada saat kondisi jalan kering.

Terutama ketika melaju di jalanan yang masih basah atau pun tergenang air. Selama ini, masih banyak pengendara yang justru meningkatkan kecepatan kendaraannya ketika melibas genangan air.

Baca juga: Video Pajero Sport Minta Jalan Pakai Strobo dan Sirene di Tol

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, pada saat menghadapi genangan di jalan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

"Yang paling penting gini, ketika pegendara sudah paham betul jalur yang akan dilewati, maka dia sudah tahu mana lintasan yang dapat menimbulkan risiko bahaya," kata Agus kepada Kompas.com, Senin (27/9/2021).

Genangan air di Jalan Srengseng Raya, Kamis (18/2/2021)Dok. Satpol PP Jakarta Barat Genangan air di Jalan Srengseng Raya, Kamis (18/2/2021)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan berkendara secara hati-hati, otomatis risiko kecelakaan juga akan berkurang. Apalagi pengendara dapat terjatuh jika ternyata ada lubang yang tertutup oleh genangan air.

"Jika pengendara belum mengetahui kondisi jalan yang tergenang air, sebaiknya harus melihat dahulu kondisi sekitar, artinya apakah ada kendaran lain yang bisa melintas disana. Kalau tidak ada yang sebaiknya jangan memaksakan," ucap Agus.

Baca juga: Faktor Honda Pede Targetkan 40.000 Unit All New BR-V di 2022

Hal yang sama juga diucapkan oleh Safety Riding Supervisor Astra Motor Jateng, Oke Desiyanto. Oke mengatakan, pada saat kondisi hujan apalagi melewati genangan air, sebaiknya pengendara mengurangi kecepatan.

“Berkendara dengan kecepatan rendah saat melewati genangan sehingga memberi waktu ban itu bisa membelah air dan mengalirkan air keluar jalur ban,” ujar Oke.

Oke menambahkan, saat melintasi jalan yang masih tergenang gunakan gerakan lembut dan teratur, tetap dengan kecepatan rendah.

Sejumlah kendaraan melintasi genangan air saat banjir di jalur Pantura kota Kendal, Jawa Tengah, Senin (8/2/2021). Sejak dua hari lalu jalur Pantura di kota Kendal tergenang air sehingga mengakibatkan lalu lintas tersendat, selain itu banjir juga menggenangi puluhan desa di kabupaten Kendal.ANTARA FOTO/ANIS EFIZUDIN Sejumlah kendaraan melintasi genangan air saat banjir di jalur Pantura kota Kendal, Jawa Tengah, Senin (8/2/2021). Sejak dua hari lalu jalur Pantura di kota Kendal tergenang air sehingga mengakibatkan lalu lintas tersendat, selain itu banjir juga menggenangi puluhan desa di kabupaten Kendal.

“Untuk melalui jalanan basah agar ban tidak mudah kehilangan grip karena licin. Periksa juga tekanan ban motor, pastikan sesuai dengan standar agar alur ban berfungsi untuk membelah dan mengalirkan air sempurna,” katanya.

Baca juga: [POPULER OTOMOTIF] Pengendara Trail Bertemu Macan | Harga Dasar dan Varian Xenia Generasi Baru Bocor

Pada saat jalanan basah, akan ada lapisan air diantara ban dan juga aspal. Hal ini dapat menyebabkan hydroplaning sehingga daya cengkeram ban terhadap aspal berkurang.

Maka dari itu, dengan mengurangi kecapatan maka ban akan lebih memiliki daya cengkeram terhadap aspal sehingga memiliki grip yang baik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.