Pilih Kuning atau Putih untuk Lampu Kendaraan?

Kompas.com - 28/09/2021, 10:22 WIB
Ilustrasi lampu mobil. Autoguide.comIlustrasi lampu mobil.

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan teknologi lampu pada kendaraan bermotor semakin pesat. Kini lampu kendaraan tidak hanya berwujud bohlam, tapi ada juga yang berupa projector hingga LED.

Secara tampang, sebagian orang menilai lampu utama kendaraan dengan sinar warna putih terkesan lebih modern. Berbeda dengan lampu utama dengan sinar warna kuning, umum diasosiasikan sebagai lampu kendaraan lawas.

Namun secara fungsional, lampu berwarna kuning diklaim lebih aman digunakan saat berkendara di tengah cuaca hujan dan berkabut. Sebab sinar kuning memiliki kemampuan menembus kabut dan hujan lebih baik dibanding sinar warna putih.

Baca juga: Faktor Honda Pede Targetkan 40.000 Unit All New BR-V di 2022

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center (RDC), menjelaskan dari kacamata keselamatan berkendara, baik lampu utama berwarna kuning maupun putih sama-sama memiliki sisi positif dan negatif dalam penggunaannya.

IIHS lakukan pengujian terhadap kualitas lampu mobil.Autoblog.com IIHS lakukan pengujian terhadap kualitas lampu mobil.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Lampu kuning lebih aman untuk pengendara lain (dari arah berlawanan) karena lebih nyaman di mata. Lalu lebih mampu menembus hujan dan kabut. Namun, kekurangannya adalah visibilitas malah lebih rendah saat kondisi normal,” kata Marcell kepada Kompas.com belum lama ini.

Sementara itu, untuk lampu dengan sinar berwarna putih, ia mengatakan jika melihat teknologi terkini, visibilitasnya lebih baik di berbagai kondisi. Bahkan saat sedang berkendara di tengah cuaca hujan atau berkabut.

Baca juga: Video Pajero Sport Minta Jalan Pakai Strobo dan Sirene di Tol

Warna putih pada lampu dengan teknologi terbaru akan seperti cahaya matahari, hal tersebut menjadikan visibilitasnya lebih tinggi dibanding lampu dengan warna lainnya.

Meski begitu, ada dampak negatif pada penggunaan lampu utama dengan warna putih. Marcell mengingatkan bahwa lampu utama berwarna putih lebih berisiko menyilaukan pengguna jalan lain dari arah berlawanan.

Oleh sebab itu, pemilihan warna lampu utama pada kendaraan perlu dipertimbangkan matang-matang. Agar tidak merugikan diri sendiri maupun pengendara lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.