PLN Siap Pasok Listrik Pabrik Baterai Hyundai

Kompas.com - 20/09/2021, 09:12 WIB
Ilustrasi baterai untuk mobil elektrifikasi SHUTTERSTOCK/ROMAN ZAIETSIlustrasi baterai untuk mobil elektrifikasi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) siap memberikan pasokan daya listik bagi PT HKML Battery Indonesia, yang digadang-gadang menjadi pabrik baterai kendaraan listrik pertama di Asia Tenggara.

Pabrik baterai  yang merupakan proyek Hyundai Motor Group dengan LG Energy Solution tersebu, terletak di Karawang, Jawa Barat.

Agung Murdifi, Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN mengatakan, cadangan kapasitas listrik di Jawa dan Bali saat ini sebesar 12 GW.

Baca juga: Bangun Pabrik Baterai, Indonesia Jadi Pusat Rantai Pasok Mobil Listrik

 

Cadangan tersebut diklaim sangat berlimpah dan dapat dimanfaatkan untuk pengembangan bisnis dan industri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ilustrasi baterai mobil listrik LG Chemhttps://www.caixinglobal.com/ Ilustrasi baterai mobil listrik LG Chem

"PLN optimistis dapat memenuhi kebutuhan listrik untuk industri, khususnya industri baterai. Saat ini PLN memiliki cadangan daya cukup besar, khususnya pada sistem kelistrikan Jawa-Bali," ujar Agung, dalam keterangan resminya, Minggu (19/9/2021).

Menurut Agung, PLN aktif melakukan komunikasi terkait pasokan listrik. Selain itu juga melakukan pembahasan perjanjian kerja sama dengan Kawasan Industri Karawang New Industy City (KNIC) sebagai lokasi pabrik HKML Battery Indonesia.

Rencananya, PLN akan memasok kebutuhkan listrik di KNIC dan HKML melalui dua tahap. Pertama sebesar 20,7 MegaVolt Ampere (MVA) dan 27,7 MVW, sementara tahap dua 110 MVA.

Guna memastikan pasokan listrik aman, PLN juga sedang mempersiapkan Gardu Induk Mekarsari berkapasitas 4×60 MVA), Gardu Induk Transheksa 2×60 MVA, dan Gardu Induk di dalam Kawasan Industri KNIC.

Baca juga: Pabrik Sel Baterai di Karawang Fokus Sedot SDM Lokal

Tak hanya itu, PLN juga memiliki berbagai jenis layanan yang dengan tingkat keandalan sesuai kebutuhan pelanggan, termasuk listrik premium dengan layanan listrik tanpa kedip.

Hyundai Kona EV saat mengisi daya di SPKLU PLNKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Hyundai Kona EV saat mengisi daya di SPKLU PLN

"Intinya kami pastikan, PLN siap siap menyediakan pasokan daya listrik yang berkelanjutan, aman, dan andal sesuai dengan timeline dan kebutuhan investasi bagi Kawasan Industri Karawang New Industry City (KNIC) pada umumnya dan HKML Battery Indonesia pada khususnya," ujar Agung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.