Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrikan Tidak Sarankan Ubah Klakson Truk Jadi Model Angin, Bisa Bikin Rem Blong

Kompas.com - 16/09/2021, 20:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan truk karena rem blong memang kerap terjadi di Indonesia. Ada beberapa penyebab dari gagalnya sistem pengereman, baik dari human error maupun teknis.

Salah satu yang bisa menyebabkan rem blong adalah modifikasi yang dilakukan dengan tidak benar. Misalnya mengganti klakson bawaan menjadi model udara yang biasanya punya suara lebih keras.

Bahayanya, ketika sambungan klakson kentangki udara ini copot karena tidak dipasang dengan baik, bisa menguras semua udara di dalamnya. Udara dalam tangki pada truk berperan sangat penting, terutama untuk pengereman.

Baca juga: Kenali Ragam Pelat Nomor Kendaraan Dewa di Indonesia

Bangkai truk yang menimpa pengendara motor saat dievakuasi dari dalam kali, Senin (8/2/2021). (SURYA.CO.ID/HANIF MANSHURI) Bangkai truk yang menimpa pengendara motor saat dievakuasi dari dalam kali, Senin (8/2/2021).

Apalagi nantinya saat udara habis, pengemudi truk tidak bisa menekan klakson sehingga pengguna jalan lain bisa tidak tahu kondisi truk sedang blong. Ini yang bisa menyebabkan jatuhnya banyak korban saat truk alami rem blong.

Deputy GM Product Division PT. Hino Motors Sales Indonesia Prasetyo Adi mengatakan, klakson bawaan dari pabrikan sebenarnya model elektrik, sehingga tidak terpengaruh udara.

"Sekarang klakson sudah elektrik, jadi tetap bisa bunyi. Kecuali kalau sudah diganti pake angin, kalau enggak ada anginnya, jelas tidak bisa bunyi," ucap Prasetyo kepada Kompas.com, Kamis (16/9/2021).

Baca juga: Kalahkan Marquez, Bos Ducati Beberkan Keunggulan Desmosedici GP21

Alasan lain ATPM tidak memberikan izin modifikasi klakson tadi adalah pengambilan sumber udaranya yang asal-asalan. Jadi rawan terjadinya bocor dan membuat udara di dalam tangki berkurang.

"Jika terjadi kebocoran dan angin berkurang, bisa menyebabkan fungsi komponen yang memakai udara akan bermasalah, salah satunya rem blong," kata Prasetyo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com