Rp 270 Jutaan, Apa Fitur yang Didapat dari Kiger dan Raize?

Kompas.com - 16/09/2021, 17:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Mobil segmen SUV mini kini diramaikan oleh Renault Kiger yang baru dirilis belum lama ini. Kiger nantinya akan bersaing dengan Toyota Raize, Daihatsu Rocky, Nissan Magnite, dan Kia Sonet.

Mobil baru dari Renault ini dibanderol Rp 278 juta dan khusus bulan September 2021, ada harga khusus jadi Rp 275,9 juta. Di harga yang sama, ada Toyota Raize 1,0L CVT GR Sport TSS Single Tone yang dibanderol Rp 278,8 juta.

Bisa dibilang Kiger punya harga yang mepet dengan Raize varian Toyota Safety Sense (TSS). Lalu soal fitur di mobil Rp 270 jutaan apakah Kiger sanggup melawan Raize?

Baca juga: Bertemu Pelat Nomor Dewa yang Minta Jalan, Apa yang Harus Dilakukan?

Interior Toyota Raize GR Sport Non-TSSKOMPAS.com/STANLY RAVEL Interior Toyota Raize GR Sport Non-TSS

Pertama, fitur yang ditawarkan oleh Kiger adalah menggunakan Smart Access Card yang berfungsi untuk membuka dan mengunci pintu tanpa sentuhan. Ketika masuk ke kabin, terdapat Clean Air Filter yang diklaim bisa menyaring partikel sampai 2,5 micron.

Selain itu, ada cooler box di sisi penumpang depan. Jadi di dalam glove box terdapat lubang yang bisa dibuka-tutup untuk udara dingin masuk, bisa digunakan untuk mendinginkan minuman.

Fitur lain yang ditawarkan mobil merek eropa ini adalah sound system Arkamys 3D Auditorium. Head unit yang digunakan juga sudah bisa terhubung tanpa kabel (wireless) Android Auto dan Apple Carplay.

Baca juga: Resmi, Ini Biaya Ganti Pelat Nomor Mobil

Renault Kiger resmi meluncur secara global pada Januari 2021.ZIGWHEELS.com Renault Kiger resmi meluncur secara global pada Januari 2021.

Soal keamanan, Kiger dilengkapi dengan 4 airbags, ada di depan dan samping kursi. Selain itu juga ada Antilock Braking System (ABS) dan Electronic Brake Distribution (EBD).

Kalau dibandingkan dengan Raize GR Sport TSS, ada beberapa kekurangan yang dimiliki Kiger. Pertama soal fitur keselamatan, Raize sudah dilengkapi dengan Toyota Safety Sense yang terdiri dari fitur Pre-collision Warning, Adaptive Cruise Control, Lane Departure Alert with Steering Control, Rear Cross Traffic Alert, Blind Spot Monitor, dan Pedal Missoperation Control.

Selain itu, Raize juga sudah dilengkapi 6 airbags, dua di depan, dua di samping jok, dan dua lagi di plafon. Ada juga fitur ABS, Vehicle Stability Control (VSC), dan Hill Start Assist (HSA).

Fitur TSS (Toyota Safety Sense) pada Vellfire dan AlphardDok. Toyota Fitur TSS (Toyota Safety Sense) pada Vellfire dan Alphard

Secara fitur, Raize nampaknya lebih lengkap dibanding Kiger. Walaupun harganya sedikit lebih mahal, tetapi sudah dapat Adaptive Cruise Control serta fitur keselamatan lainnya.

Jadi pilih mana buat SUV Rp 270 jutaan, Kiger atau Raize?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.