Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rp 270 Jutaan, Apa Fitur yang Didapat dari Kiger dan Raize?

Kompas.com - 16/09/2021, 17:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Mobil segmen SUV mini kini diramaikan oleh Renault Kiger yang baru dirilis belum lama ini. Kiger nantinya akan bersaing dengan Toyota Raize, Daihatsu Rocky, Nissan Magnite, dan Kia Sonet.

Mobil baru dari Renault ini dibanderol Rp 278 juta dan khusus bulan September 2021, ada harga khusus jadi Rp 275,9 juta. Di harga yang sama, ada Toyota Raize 1,0L CVT GR Sport TSS Single Tone yang dibanderol Rp 278,8 juta.

Bisa dibilang Kiger punya harga yang mepet dengan Raize varian Toyota Safety Sense (TSS). Lalu soal fitur di mobil Rp 270 jutaan apakah Kiger sanggup melawan Raize?

Baca juga: Bertemu Pelat Nomor Dewa yang Minta Jalan, Apa yang Harus Dilakukan?

Interior Toyota Raize GR Sport Non-TSSKOMPAS.com/STANLY RAVEL Interior Toyota Raize GR Sport Non-TSS

Pertama, fitur yang ditawarkan oleh Kiger adalah menggunakan Smart Access Card yang berfungsi untuk membuka dan mengunci pintu tanpa sentuhan. Ketika masuk ke kabin, terdapat Clean Air Filter yang diklaim bisa menyaring partikel sampai 2,5 micron.

Selain itu, ada cooler box di sisi penumpang depan. Jadi di dalam glove box terdapat lubang yang bisa dibuka-tutup untuk udara dingin masuk, bisa digunakan untuk mendinginkan minuman.

Fitur lain yang ditawarkan mobil merek eropa ini adalah sound system Arkamys 3D Auditorium. Head unit yang digunakan juga sudah bisa terhubung tanpa kabel (wireless) Android Auto dan Apple Carplay.

Baca juga: Resmi, Ini Biaya Ganti Pelat Nomor Mobil

Renault Kiger resmi meluncur secara global pada Januari 2021.ZIGWHEELS.com Renault Kiger resmi meluncur secara global pada Januari 2021.

Soal keamanan, Kiger dilengkapi dengan 4 airbags, ada di depan dan samping kursi. Selain itu juga ada Antilock Braking System (ABS) dan Electronic Brake Distribution (EBD).

Kalau dibandingkan dengan Raize GR Sport TSS, ada beberapa kekurangan yang dimiliki Kiger. Pertama soal fitur keselamatan, Raize sudah dilengkapi dengan Toyota Safety Sense yang terdiri dari fitur Pre-collision Warning, Adaptive Cruise Control, Lane Departure Alert with Steering Control, Rear Cross Traffic Alert, Blind Spot Monitor, dan Pedal Missoperation Control.

Selain itu, Raize juga sudah dilengkapi 6 airbags, dua di depan, dua di samping jok, dan dua lagi di plafon. Ada juga fitur ABS, Vehicle Stability Control (VSC), dan Hill Start Assist (HSA).

Fitur TSS (Toyota Safety Sense) pada Vellfire dan AlphardDok. Toyota Fitur TSS (Toyota Safety Sense) pada Vellfire dan Alphard

Secara fitur, Raize nampaknya lebih lengkap dibanding Kiger. Walaupun harganya sedikit lebih mahal, tetapi sudah dapat Adaptive Cruise Control serta fitur keselamatan lainnya.

Jadi pilih mana buat SUV Rp 270 jutaan, Kiger atau Raize?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com