Viral Biaya Servis BMW X5 Capai Rp 41 Juta, BMW Indonesia Sebut Hoax

Kompas.com - 13/09/2021, 17:01 WIB
New BMW X5 xDrive40i xLine difoto di Blora, Jawa Tengah, Minggu (4/4/2021). BMW X5 merupakan pelopor dari segmen Sport Activity Vehicle BMW. Fitur yang paling mencolok dari New BMW X5 xDrive40i xLine ini adalah hadirnya bangku baris ketiga yang mampu memberikan ruang untuk seluruh keluarga. KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMONew BMW X5 xDrive40i xLine difoto di Blora, Jawa Tengah, Minggu (4/4/2021). BMW X5 merupakan pelopor dari segmen Sport Activity Vehicle BMW. Fitur yang paling mencolok dari New BMW X5 xDrive40i xLine ini adalah hadirnya bangku baris ketiga yang mampu memberikan ruang untuk seluruh keluarga.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Baru-baru ini beredar suatu video terkait estimasi biaya servis rutin BMW X5 di dalam negeri yang mencapai Rp 41 jutaan dan viral di media sosial pada Minggu (12/9/2021).

Dalam rekaman yang diunggah oleh akun TikTok @getyourcar.id, biaya terkait bisa saja berubah sesuai dengan hasil tinjauan teknisi. Tercatat, biaya untuk komponen dan jasa Rp 37.451.000.

Lalu, usai ditambahkan PPN sebesar 10 persen, biaya yang ditanggung oleh pemilik menjadi Rp 41.196.100.

Baca juga: Pengguna Kendaraan yang Pakai Pelat Nomor Palsu Bisa Dipenjara 6 Tahun

New BMW X5 xDrive40i xLine difoto di Blora, Jawa Tengah, Minggu (4/4/2021). BMW X5 merupakan pelopor dari segmen Sport Activity Vehicle BMW. Fitur yang paling mencolok dari New BMW X5 xDrive40i xLine ini adalah hadirnya bangku baris ketiga yang mampu memberikan ruang untuk seluruh keluarga.KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO New BMW X5 xDrive40i xLine difoto di Blora, Jawa Tengah, Minggu (4/4/2021). BMW X5 merupakan pelopor dari segmen Sport Activity Vehicle BMW. Fitur yang paling mencolok dari New BMW X5 xDrive40i xLine ini adalah hadirnya bangku baris ketiga yang mampu memberikan ruang untuk seluruh keluarga.

Menanggapi hal tersebut, Corporate Communication Specialist BMW Group Indonesia Ismail Ashlan mengatakan bila hal tersebut tidaklah benar alias hoaks.

Sebab dalam cuplikan foto yang tertera, beberapa komponen pada mobil mengalami pergantian seperti engine mounting, cover valve, ballon pneumatic di belakang, serta pully tensioner-nya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kelihatan dari nota estimasinya, itu banyak yang diganti. Ganti suspensi itu mahal, jadi hoaks kalau bicara servis rutin," kata Ismail kepada Kompas.com.

"Servis rutin itu fast moving parts, contoh yang ditunjukan di video itu lebih tepat ke arah perbaikan dari parts yang rusak akibat pemakaian, bukan servis rutin," lanjut dia.

Namun, sampai artikel ini diterbitkan pihak BMW Group Indonesia belum memberikan rincian kisaran rata-rata biaya servis rutin di diler resmi yang harus dibayarkan pemilik.

Baca juga: Muncul Lagi, Video Bensin Motor Dicampur Kapur Barus

Viral video servis BMW X5 Viral video servis BMW X5

Adapun mengenai biaya servis yang ditanggung oleh pemilik berdasarkan video TikTok ini, ialah;

Perbaikan komponen:
Cover Valve Bunyi Berdesing: Rp 6.870.000
Engine Mounting Amblas: Rp 4.402.000
Pneumatic Belakang Bocor: Rp 16.566.000
Tensioner Adjuster: Rp 2.295.000
Deflector Pully: 955.000

Ongkos jasa:
Ganti Cover Valve: Rp 2.405.000
Ganti Mounting Engine: 2.000.000
Ganti Ballon Pneumatic: Rp 1.300.000
Ganti Pully Tensioner: Rp 780.000

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.