Kompas.com - 07/09/2021, 18:41 WIB
|

MUNICH, KOMPAS.com - Tak hanya mulai fokus mengincar segmen skutik listrik, BMW juga mulai aktif memperkenalkan sepeda listrik alias e-Bike. BMW meluncurkan BMW i Vision AMBY.

Nama Amby merupakan pengertian dari "mobilitas adaptif". BMW mengatakan sepeda ini dirancang untuk kaum urban. Sepeda gowes dilengkapi dengan teknologi yang cukup canggih.

Baca juga: Pentingnya Fitur Hill Start Assist, Berguna Saat Mobil di Jalan Menanjak

Sepeda listrik BMW i Vision AMBYFoto: Paultan.org Sepeda listrik BMW i Vision AMBY

Mengutip Visordown, bagian konvensional dari I Vision Amby sama seperti sepeda gowes yang lain. Tapi oleh BMW ditambah dengan motor listrik yang ditenagai oleh baterai 2.000 Wh.

BMW mengatakan waktu pengisian ulang membutuhkan waktu tiga jam dan pengisian penuh memungkinkan Amby untuk menempuh jarak 300 km dengan kecepatan maksimum 25 kpj.

Tenaga dari motor listrik itu hanya masuk saat pengendara mulai bersepeda, artinya tidak ada tombol atau throttle. Penggeraknya pakai rantai seperti sepeda biasa.

Ada tiga mode berkendara yang disediakan, mode 1 hingga 25 kpj, mode 2 hingga 45 kpj, dan mode 3 atau Vmodmax mencapai kecepatan tertinggi 60 kpj.

Baca juga: Ancaman Ban Terlepas Saat Berjalan, Begini Cara Antisipasinya

Sepeda listrik BMW i Vision AMBYFoto: Paultan.org Sepeda listrik BMW i Vision AMBY

Sejalan dengan itu, jangkauan berbanding terbalik dengan kecepatan. Mode 1 bisa menempuh jarak sampai 300 km, mode 2 sejauh 180 km dan mode 3 hanya sejauh 75 km.

Teknologi barunya pengendara bisa menghubungkan sepeda dengan smartphone. Sebuah aplikasi akan menyimpan beberapa informasi penting yang memudahkan pengendara.

Aplikasi ini menggunakan pengenalan wajah sebagai kunci digital, yang memungkinkan akses ke Amby. Kemudian seatpost dapat disetel secara elektrik menyesuaikan tinggi pengendara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.