Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Percepat Herd Immunity, Transjakarta Gelar Sentra Vaksinasi

Kompas.com - 06/09/2021, 18:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menggelar kegiatan ‘Sentra Vaksinasi’ yang akan dilaksanakan Senin (6/9/2021) di Gedung Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia, Jakarta Timur. Adapun kegiatan ini merupakan bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) yang dimiliki oleh perusahaan.

Direktur Utama PT Transjakarta Sardjono Jhony Tjitrokusumo mengatakan, sentra vaksinasi adalah salah satu bentuk dukungan Transjakarta dalam upaya menekan dan memutus rantai penyebaran virus Covid-19.

Dalam hal ini, pemerintah berupaya untuk menciptakan kekebalan kelompok atau herd immunity sebesar 70 persen dari populasi melalui proses vaksinasi dan menargetkan sebanyak 208 juta orang tervaksinasi Covid-19 hingga akhir tahun 2021.

Baca juga: Terios Nekat Lawan Arah Saat Macet, Bukti Pengemudi Minim Solidaritas

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PT Transportasi Jakarta (@pt_transjakarta)

 

“Sebagai bentuk dukungan, Transjakarta selaku BUMD ikut menggelar kegiatan Sentra Vaksinasi. Ini merupakan program CSR yang dikelola Transjakarta. Alhamdulillah, kegiatan ini memberikan kesempatan bagi masyarakat yang belum divaksin untuk bisa melakukan vaksinasi bersama Transjakarta,” ujar Jhony dalam keterangan resmi yang Kompas.com kutip Senin (6/9/2021).

Agar bisa melakukan vaksinasi, masyarakat bisa mendownload aplikasi JAKI dan mendaftarkan diri sesuai ketentuan. Selain itu, Transjakarta juga menyediakan akses transportasi bagi masyarakat yang ingin menuju ke lokasi vaksin.

“Tidak perlu khawatir, Transjakarta akan menyediakan layanan bus sebagai akses menuju lokasi vaksin untuk lima kecamatan dan 35 kelurahan yang tersebar di seluruh wilayah Jakarta Timur. Semua layanan ini free (gratis). Masyarakat cukup menunjukan bukti undangan vaksinasi saja kepada petugas kami,” katanya.

Baca juga: Ketika Kijang Innova Mundur di Tanjakan Curam

Kemudian lanjut Jhony, Sentra Vaksinasi untuk dosis pertama akan dilaksanakan selama empat hari mulai 6-9 September 2021. Sementara untuk dosis kedua rencananya akan dilakukan pada 6-9 Desember 2021.

Adapun pada kegiatan ini, Transjakarta menargetkan bisa memvaksinasi sebanyak 1.250 orang perharinya. Vaksin yang digunakan adalah Astra Zaneca, syaratnya harus berusia 18 tahun ke atas dan tidak dalam kondisi hamil bagi peserta wanita.

Syarat lainnya adalah membawa hasil print out pre screening yang dapat diunduh setelah melakukan pendaftaran pada aplikasi JAKI. Jangan lupa juga untuk membawa KTP asli saat menuju sentra vaksinasi.

Sentra vaksinasi PT Transportasi Jakarta (Transjakarta)DOK. TRANSJAKARTA Sentra vaksinasi PT Transportasi Jakarta (Transjakarta)

“Mari bersama-sama melakukan vaksinasi, lindungi diri dan keluarga untuk melawan virus Covid-19. Bersama kita BISA!,” Tutup Jhony.

Di luar itu, Transjakarta tetap mengimbau masyarakat untuk tetap di rumah apabila tidak ada keperluan mendesak. Namun jika harus ke luar rumah karena terpaksa, selalu pastikan untuk selalu menerapkan 5M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas hanya untuk keperluan penting saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com