Kompas.com - 06/09/2021, 14:21 WIB
Spion motor ekstra mini Foto: Tangkapan layar Spion motor ekstra mini
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu komponen yang sering diganti pada sepeda motor ialah spion. Bahkan tak jarang pengendara motor mencopot spion agar terlihat lebih keren.

Jika tidak dicopot, ditekuk, atau diganti dengan yang lebih kecil. Biasanya dianggap lebih praktis, karena dengan spion kecil motor lebih mudah menyelip di jalanan yang macet.

Baca juga: Ganjil Genap di Wilayah Puncak, Ribuan Kendaraan Diputar Balik

Sayangnya spion mini tersebut bisa saja terlalu kecil. Seperti dalam foto yang diunggah akun Instagram Agoez Bandz4, yang memperlihatkan spion motor mini.

Spion motor minibukalapak Spion motor mini

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani, mengatakan, spion berguna untuk memastikan area yang dilalui aman. Untuk itu, posisi spion harus ada di kanan dan kiri.

"Maka itu, spion punya fungsi penting dalam berkendara. Sayangnya di lapangan banyak yang kurang sadar pentingnya spion," kata Agus, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Agus mengatakan, mengganti spion standar dengan yang lebih kecil hingga sulit dilihat dan tak bisa menampilkan objek di belakang, merupakan perilaku yang justru menghapus fungsi sejati spion.

Baca juga: Ini Alasan Kampas Rem Mobil Tidak Habis Bersamaan

Spion MotorKOMPAS.com/Gilang Spion Motor

Spion yang terlalu kecil dan sulit dilihat membuat area blindspot semakin besar. Sebab motor juga punya blindspot atau titik buta sehingga jadi tidak berguna.

"Spion standar bawaan pabrik saja mempunyai keterbatasan pandangan karena tidak bisa menyajikan seluruh area bagian belakang," katanya

"Sehingga pengendara perlu menengok ke bagian samping kanan atau kiri untuk melihat area blindspot," kata Agus

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.