Hyundai Indonesia Lirik Teknologi Mobil Otonom

Kompas.com - 02/09/2021, 19:01 WIB
Teknologi anyar Hyundai Indonesia, Spot KOMPAS.com/RulyTeknologi anyar Hyundai Indonesia, Spot
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) melirik penerapan teknologi otonom di kendaraan bermotor roda empat alias autonomous car untuk pasar Indonesia pada masa yang akan datang.

Hal tersebut diungkapkan oleh Chief Operating Officer HMID Makmur dalam bincang singkat peluncuran robot pintar berkaki empat dari Boston Dynamics, Spot, Jumat (2/9/2021).

"Teknologi ini membuktikan bahwa kami sangat concern terhadap teknologi tak terkecuali bagi masyarakat Indonesia. Melalui Spot, maka tidak menutup kemungkinan pemanfaatan yang sama (robotik) akan diadopsi jadi autonomous car dan kebutuhan lainnya," ucap dia.

Baca juga: Cuma 30 Unit, Ini Spesifikasi Honda NSX Type S Versi Jepang

Teknologi anyar Hyundai Indonesia, SpotKOMPAS.com/Ruly Teknologi anyar Hyundai Indonesia, Spot

Hanya saja, Makmur belum bisa mengungkapkan lebih jauh terkait rencana perseroan tersebut. Lagipula, butuh waktu yang cukup agar mobil tersebut bisa beroperasi secara optimal di jalan raya.

Selain itu, dibutuhkan juga kesiapan fasilitas umum agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan selama penggunaannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Diketahui, Spot, robot pintar berkaki empat, merupakan robot pertama dari Boston Dynamics yang dikomersialisasikan.

Keempat kaki Spot bergerak dengan lincah serta mampu menghindari rintangan dan melewati permukaan kasar secara jauh lebih baik dari pada menggunakan roda.

Baca juga: Pekerjaan Utama Rampung, Sirkuit Mandalika Fokus Siapkan Operasional

Teknologi anyar Hyundai Indonesia, SpotKOMPAS.com/Ruly Teknologi anyar Hyundai Indonesia, Spot

Selain itu, keempat kaki tersebut juga cukup kokoh untuk menopang beban hingga maksimal seberat 13,6 kg barang bawaan atau kargo.

"Kehadiran Spot di Indonesia akan menekankan bahwa kepiawaian Hyundai secara global tidak hanya terbatas pada menghadirkan mobil-mobil berkualitas, tapi juga berfokus dan tanpa henti menghadirkan beragam inovasi," ujar Makmur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.