Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hyundai Indonesia Lirik Teknologi Mobil Otonom

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) melirik penerapan teknologi otonom di kendaraan bermotor roda empat alias autonomous car untuk pasar Indonesia pada masa yang akan datang.

Hal tersebut diungkapkan oleh Chief Operating Officer HMID Makmur dalam bincang singkat peluncuran robot pintar berkaki empat dari Boston Dynamics, Spot, Jumat (2/9/2021).

"Teknologi ini membuktikan bahwa kami sangat concern terhadap teknologi tak terkecuali bagi masyarakat Indonesia. Melalui Spot, maka tidak menutup kemungkinan pemanfaatan yang sama (robotik) akan diadopsi jadi autonomous car dan kebutuhan lainnya," ucap dia.

Hanya saja, Makmur belum bisa mengungkapkan lebih jauh terkait rencana perseroan tersebut. Lagipula, butuh waktu yang cukup agar mobil tersebut bisa beroperasi secara optimal di jalan raya.

Selain itu, dibutuhkan juga kesiapan fasilitas umum agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan selama penggunaannya.

Diketahui, Spot, robot pintar berkaki empat, merupakan robot pertama dari Boston Dynamics yang dikomersialisasikan.

Keempat kaki Spot bergerak dengan lincah serta mampu menghindari rintangan dan melewati permukaan kasar secara jauh lebih baik dari pada menggunakan roda.

Selain itu, keempat kaki tersebut juga cukup kokoh untuk menopang beban hingga maksimal seberat 13,6 kg barang bawaan atau kargo.

"Kehadiran Spot di Indonesia akan menekankan bahwa kepiawaian Hyundai secara global tidak hanya terbatas pada menghadirkan mobil-mobil berkualitas, tapi juga berfokus dan tanpa henti menghadirkan beragam inovasi," ujar Makmur.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/02/190100815/hyundai-indonesia-lirik-teknologi-mobil-otonom

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke