Bikers, Jangan Kebanyakan Ragu-ragu Saat di Jalan

Kompas.com - 30/08/2021, 18:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengemudi di Indonesia bisa dibilang menjadi hal yang menantang. Kadang ditemui pengendara motor yang ragu, entah dia terlalu pelan di tengah jalan atau tiba-tiba berbelok.

Tentu saja pengendara yang lambat di tengah ini sangat mengganggu alur lalu lintas. Kemudian yang tiba-tiba suka berbelok juga tidak kalah bahaya, karena bisa mengagetkan pengguna jalan di belakangnya.

Pengendara seperti ini biasanya tidak terlalu hafal jalan, sehingga sering ragu-ragu dan salah memilih lajur. Sebenarnya, ada cara agar menjadi pengendara motor yang tidak ragu-ragu saat di jalan raya.

Baca juga: Sudah Tahu Jenis-jenis Polisi Tidur?

Naik motor saat musim hujan Foto: Yamaha Naik motor saat musim hujan

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani akan memberikan beberapa tips bagaimana agar tidak ragu di jalan raya.

Pertama adalah tentukan tujuan sebelum berkendara, kalau belum hafal, bisa cek lewat aplikasi maps.

“Sehingga kita sudah tahu dan paham rute yang akan dilewati. Kedua, pelajari rute yang akan dilewati, bisa lihat dari maps kalau belum hafal,” ucap Agus kepada Kompas.com, Senin (30/8/2021).

Baca juga: Masih Ada Saja Pengendara Motor Bandel yang Parkir di Jalur Penyelamat

Ketiga, biasakan berkendara di sisi kiri jalan, apalagi jika kecepatannya rendah. Kemudian jangan lupa gunakan lampu sein ketika mau berbelok, sehingga pengendara di belakang jadi tidak ragu jika mau menyalip.

“Kalau misalnya ragu dengan rute yang dilewati, sebaiknya berhenti di pinggir jalan lalu lakukan pengecekan lewat aplikasi maps. Dengan begitu akan lebih aman dan tidak mengganggu kendaraan lain,” kata Agus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.