Impresi Berkendara Daihatsu Rocky, Apa yang Spesial?

Kompas.com - 30/08/2021, 15:01 WIB
Test Drive Daihatsu Rocky KOMPAS.com/ADITYO WISNU PRABOWOTest Drive Daihatsu Rocky
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Usai membahas desain Daihatsu Rocky, kami langsung beranjak ke balik kemudi untuk mencoba impresi berkendaranya. Seperti apa rasa berkendara kembaran Toyota Raize ini?

Pertama kita ulas apa yang ada di balik kemudinya. Rocky memiliki pengaturan tilt steering, tapi tidak untuk telescopic steering. Joknya bisa diatur naik-turun, maju-mundur dan reclining secara manual.

Posisi duduknya mungkin tidak begitu ergonomis untuk semua orang, lantaran jarak setir ke badan masih kurang dekat.

Baca juga: Ini Penjelasan Kenapa Ban Serep Memiliki Ukuran Lebih Kecil

Test Drive Daihatsu RockyKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Test Drive Daihatsu Rocky

Jika jok dimajukan agar posisi tangan cukup dekat, ruang kaki akan terasa sempit karena posisi tadi. Sehingga Anda harus berkompromi, mau posisi tangan yang enak, atau kaki yang nyaman.

Namun dengan adanya konsol boks di tengah, serta door trim dengan material empuk terutama di area sikut. Menyetir terasa lebih santai, seperti ada arm rest.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketika mesin dinyalakan dengan menekan tombol start/stop, suara mesin turbo 1.000 cc 3-silinder bertenaga 96 tk dan torsi 140 Nm tidak begitu terdengar di kabin. Begitu juga dengan getaran yang hampir tak terasa.

Baca juga: Lelang Toyota Land Cruiser Hardtop, Limit Rp 44 Juta

Test Drive Daihatsu RockyKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Test Drive Daihatsu Rocky

Ketika posisi langsam, mungkin hampir tak ada bedanya dengan mesin 4-silinder. Namun ketika digeber, barulah ketahuan kalau Rocky mengusung mesin 3-silinder yang terdeteksi dari suara dan getarannya.

Bicara impresinya ketika dibawa jalan, jelas Rocky punya rasa yang berbeda dibandingkan Ayla atau Xenia yang mengusung mesin 3-silinder 1.000 cc.

Getaran mesin Rocky saat melaju ataupun idle pun terasa lebih sedikit dan cukup halus untuk ukuran mesin silinder ganjil.

Namun memang karakteristiknya langsung terasa ketika dibawa pada kecepatan tinggi. Misal saat masuk 80-100 kpj, selain suara yang makin meraung, performa yang keluar juga tidak begitu nendang.

Baca juga: Fortuner 2.800 cc Dapat Penyegaran, Harga Tembus Rp 700 Jutaan

Test Drive Daihatsu RockyKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Test Drive Daihatsu Rocky

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.