Deretan Bus Klub Sepak Bola Buatan Adiputro di Indonesia

Kompas.com - 30/08/2021, 13:20 WIB
Bus RANS Cilegon FC instagram/adiputro_officialBus RANS Cilegon FC

JAKARTA, KOMPAS.comBus merupakan kendaraan yang bisa memuat banyak orang. Oleh karena itu, klub sepak bola sering menggunakannya sebagai kendaraan ketika bertanding, baik di kandang maupun tandang ke luar kota.

Di luar negeri, beberapa klub sepak bola menggunakan bus sejak lama. Bahkan busnya didesain sedemikian rupa agar memberikan ciri khas dari klub sepak bola tersebut.

Saat ini di Indonesia pun sudah mulai banyak klub sepak bola yang menggunakan bus untuk alat transportasi para pemainnya.

Berikut ini Kompas.com kumpulkan beberapa klub sepak bola yang memakai bus, terutama buatan karoseri Adiputro.

Baca juga: Hasil MotoGP Inggris 2021 - Quartararo Juara, Marquez Jatuh, Rossi Melorot

Bus klub PSIS Semarang buatan AdiputroDOK. ADIPUTRO Bus klub PSIS Semarang buatan Adiputro

Rilisan bus sepak bola paling terakhir yang keluar dari Adiputro adalah milik Arema FC. Bus dengan bodi Jetbus 3+ HDD ini memiliki banyak fitur di dalamnya, salah satu yang paling menarik adalah adanya PS5 dengan TV yang besar di bagian depan.

Kemudian, ada juga bus Rans Cilegon FC yang memiliki keliar hitam dengan kombinasi ungu di bagian belakang.

Kedua bus ini merupakan milik PO Juragan99 yang unitnya kini dipakai untuk keperluan pertandingan baik Arema FC maupun Rans Cilegon FC.

Selain itu, ada juga bus milik PSIS Semarang, namun untuk liverynya, dipasang sendiri. Yohan Setiawan, Supervisor Finishing Bus karoseri Adiputro mengatakan, PSIS mengambil busnya dari diler Hino, lalu dipasang stiker menjadi PSIS.

Baca juga: Lelang Toyota Land Cruiser Hardtop, Limit Rp 44 Juta

Bus persijaHATERE LUNOX Bus persija

“Sebelumnya juga ada Persija Jakarta dan Persebaya Surabaya yang pakai bus buatan Adiputro. Cuma itu bus pariwisata yang dikontrak, dipakai sama Persebaya dan Persija,” kata Yohan kepada Kompas.com, Senin (30/8/2021).

Bus yang digunakan untuk mengangkut anggota klub sepak bola biasanya menggunakan susunan bangku 2-2, sama seperti bus Pariwisata. Biasanya ada ornamen klub seperti logo yang menempel di bagian bangku bus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.