Mobil Matik Tidak Bisa Distarter karena Kelamaan Parkir, Ini Penyebabnya

Kompas.com - 30/08/2021, 18:01 WIB
Ilustrasi mobil mogok SHUTTERSTOCKIlustrasi mobil mogok
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi mobil bertransmisi otomatis atau matik tidak bisa distarter masih kerap terjadi, khususnya ketika kendaraan terkait lama tidak digunakan seperti pada masa PPKM.

Hal ini tentu membuat pemilik khawatir dan cemas, karena dapat sebabkan beragam masalah. Lantas, apa saja yang menyebabkannya?

Dalam keterangannya, Aftersales Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara mengatakan bahwa penyebab mobil matik tidak bisa distarter alias mogok pun beragam.

Baca juga: Seberapa Penting Sesi Tes Pra-musim MotoGP di Sirkuit Mandalika?

Demo mobil mogok di MyanmarTWITTER/@SOEZEYA Demo mobil mogok di Myanmar

"Mulai dari aki sudah tidak berfungsi baik hingga adanya kerusakan di sektor mesin bisa jadi biang keladinya. Secara umum, itu terjadi karena dinamo," ujar dia, Senin (30/8/2021).

Secara umum, kondisi tersebut dikarenakan dinamo strater mengalami masalah. Gejalanya, muncul suara mesin yang kasar dan mobil tak bisa menyala.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk mencegah hal itu, maka pemilik perlu rutin memanaskannya. Walau mobil tak dipakai dalam waktu lama, namun tetap harus selalu dipanaskan.

Aki menjadi salah satu fokus tujuan dalam memanaskan mobil. Sebab aki mobil matic yang lama tidak bekerja dapat menyebabkan hilangnya daya saat dibutuhkan menyalakan mesin.

"Cek kondisi aki mobil apabila mobil tidak bisa distarter. Aki mobil yang rusak akibat pemakaian bisa jadi alasannya," katanya.

Baca juga: Kejar Standar Euro IV, Masyarakat Diminta Tinggalkan BBM Oktan Rendah

Seorang polisi tengah mendorong mobil mogok di tengah kemacetan di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan.Youtube Seorang polisi tengah mendorong mobil mogok di tengah kemacetan di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan.

"Terlebih jika mobil Anda sudah berumur lebih dari 10 tahun, sangat mungkin kinerja aki menurun hingga rusak," ujar Imansyah.

Kemudian, selalu rawat mesin mobil walau jarang digunakan. Terlebih ketika mobil sudah masuk jadwal servis rutin.

"Jadi walaupun di masa PPKM, mobil tetap harus mendapat perawatan berkal. Mulai dari penggantian oli mesin, air radiator, pengecekan mesin dan sebagainya tetap perlu dilaksanakan," ucap dia.

Kalau mobil sudah terlanjur tidak bisa distarter, pemilik bisa langsung menghubungi diler resmi terdekat untuk dicek lebih jauh dan diperbaiki.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.