Ramai di Akhir Pekan, Polisi Siapkan Ganjil Genap Kawasan Puncak

Kompas.com - 30/08/2021, 08:22 WIB
Situasi arus lalu lintas di jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat, mengalami kemacetan jelang libur Hari Lahir Pancasila, Senin (31/5/2021) malam KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSANSituasi arus lalu lintas di jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat, mengalami kemacetan jelang libur Hari Lahir Pancasila, Senin (31/5/2021) malam

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi lalu lintas yang mengular di kawasan Puncak, Bogor, akhir pekan lalu, memunculkan opsi penerapan pembatasan mobil dan motor melalui skema ganjil genap nomor kendaraan.

Sebab, kerumunan yang terjadi di sekitar lokasi wisata terjadi saat wilayah terkait masih diberlakukan PPKM level 3, yang mana tidak diperbolehkan adanya perkumpulan massa.

"Kalau memang masih tinggi, kita evaluasi besok (Senin, 30 Agustus 2021). Kita tambahkan dengan ganjil genap (aturan one way), atau mungkin kebijakan lain yang dapat mengurangi kemacetan," kata Kapolres Bogor AKBP Harun, Minggu (29/8/2021).

Baca juga: Hasil Klasemen MotoGP 2021, Quartararo Makin Jauh, Marquez dan Rossi Gagal Tambah Poin

Situasi arus lalu lintas di jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat, mengalami kemacetan jelang libur Hari Lahir Pancasila, Senin (31/5/2021) malamKOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Situasi arus lalu lintas di jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat, mengalami kemacetan jelang libur Hari Lahir Pancasila, Senin (31/5/2021) malam

Dalam kesempatan sama, ia tak menampik peningkatan volume kendaraan di wilayah selatan Kabupaten Bogor terjadi setelah ada penurunan status PPKM Kabupaten Bogor dari level 4 ke level 3.

Berdasarkan data yang diolah saat ini, diperkirakan peningkatan volume atas kendaraan selama akhir pekan di Jalur Puncak mencapai 30-40 persen dibandingkan ketika PPKM Level 4.

Pernyataan serupa juga dilontarkan oleh Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bogor Komisaris Dicky Pranata. Dirinya menyebut, saat akhir pekan sempat ada penumpukkan kendaraan karena petugas membuat sistem one way.

Baca juga: 5 Faktor Penyebab Konsumsi Bahan Bakar Mobil Jadi Boros

“Saat ini kondisinya sedang proses one way atau satu arah dari Puncak menuju Jakarta, kita dorong dulu kendaraan dari atas. Jadi kami tutup jalur menuju atas," ujarnya.

"Hal itu kami lakukan, untuk mengurai kepadatan yang terjadi di jalur Puncak, agar tidak timbul keramaian. Karena bagaimana pun, saat ini kita masih PPKM,” lanjut Dicky.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.