Buat yang Belum Tahu, Ini Fungsi AC Mobil Saat Kondisi Hujan

Kompas.com - 30/08/2021, 07:12 WIB
Ilustrasi AC mobil djedzuraIlustrasi AC mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai pengemudi, kita harus memiliki pandangan yang luas terutama ke arah depan kendaraan. Jarak pandang yang sesuai akan membuat pengemudi lebih aman saat berkendara karena dapat mengantisipasi keadaan di lingkungan berkendara.

Pada saat turun hujan terlebih hujan deras, jarak pandang pengemudi akan terganggu. Hal ini dikarenakan adanya embun yang menempel di bagian kaca mobil.

Baca juga: Viral, Video Polisi Amankan Vespa Modifikasi Lebarnya Sebadan Jalan

Selama ini ternyata masih banyak pengemudi yan kurang paham cara menghilangkan embun pada kaca saat hujan turun. Kebanyakan hanya mengelap embun dengan kain yang malah membuat kaca semakin buram.

Embun yang menutup kaca mobil tersebut disebabkan karena adanya perbedaan suhu antara udara di kabin dan di luar. Di mana suhu di luar kabin saat hujan lebih dingin dibandingkan dengan di kabin.

Kaca depan mobil saat berkendara ditengah hujanbmwbmw.org Kaca depan mobil saat berkendara ditengah hujan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Service Manager Bengkel Auto2000 GDC Depok, Deni Andrian mengatakan, salah satu cara untuk menghilangkan embun pada kaca mobil saat terjadi hujan, yakni dengan menyalakan sistem penyejuk udara atau air conditioner (AC).

Baca juga: Tindakan Penyelamatan Pertama Saat Mobil Mengalami Rem Blong

“Tujuannya agar kaca mobil tidak berembun. Sebab embun di kaca mobil dianggap bisa mengganggu jarak pandang,” kata Deni keada Kompas.com belum lama ini.

Deni menyarankan kepada pemilik mobil agar menyalakan AC saat hujan. Dengan menyalakan AC maka embun akan hilang dengan sendirinya.

ac mobilKompas.com/Fathan Radityasani ac mobil

“Tentu saja tidak perlu sampai posisi full. Paling tidak suhunya harus lebih dingin di dalam kendaraan agar kaca tidak berembun," kata Deni.

Baca juga: Sudah Tahu Jenis-jenis Polisi Tidur?

Ada juga yang membuka kaca mobil untuk menghilangkan embun, namun cara ter sebut masih belum maksimal karena perbedaan suhu yang jauh antara kedua ruangan membuat embun sulit hilang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.