Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada Flag-to-flag, Rossi Tetap Optimistis Jelang MotoGP Inggris

Kompas.com - 26/08/2021, 17:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Valentino Rossi punya rekor yang bagus selama balapan di Sirkuit Silverstone. Meski ramalan cuaca untuk MotoGP Inggris pekan ini tak menentu, tapi Rossi tetap optimistis.

Tahun lalu, Sirkuit Silverstone tidak dapat menjadi tuan rumah karena pandemi. Kali ini, persiapan untuk menyelenggarakan balapan di tengah pandemi sudah lebih matang.

Baca juga: Bos Dorna Sebut Valentino Rossi Tak Akan Tergantikan

Selama balapan di trek ini, Rossi pernah meraih kemenangan di musim 2015 yang diwarnai juga dengan hujan. Total kemenangannya di MotoGP Inggris tercatat sudah enam kali.

Valentino Rossi saat berlaga pada MotoGP Austria 2021Gold and Goose Valentino Rossi saat berlaga pada MotoGP Austria 2021

Pada 2014, 2016, dan 2017, Rossi juga mampu naik podium di urutan ketiga. Podium yang diraihnya di MotoGP Inggris juga sudah mencapai 12 kali dan pole position empat kali.

"Saya sangat suka Silverstone, ini adalah sirkuit yang luar biasa dan salah satu trek favorit saya. Treknya panjang dan menawarkan semua yang disukai pebalap, kencang, tidak begitu kencang, dan sektor yang sangat teknis," ujar Rossi, dalam keterangan resminya.

Baca juga: Setelah Pensiun, Rossi Masih Mau Balapan Pakai Wildcard

Rossi menambahkan, biasanya Yamaha cukup kuat di sirkuit ini. Dia pun berharap balapannya bisa lancar juga di tahun ini.

Valentino Rossi saat berlaga pada MotoGP Austria 2021Gold and Goose Valentino Rossi saat berlaga pada MotoGP Austria 2021

"Saya juga berharap cuacanya dalam kondisi yang bagus. Ramalan terlihat baik-baik saja sekarang ini, tapi semua bisa terjadi di Silverstone," kata Rossi.

Menurutnya, balapan bisa dimulai dalam kondisi kering, tapi berakhir dengan kondisi basah. Artinya, ada kemungkinan balapan akan berjalan secara flag-to-flag lagi. Meski demikian, Rossi mengaku tetap tidak sabar untuk segera kembali ke trek tersebut.

Cal Crutchlow saat berlaga di MotoGP AustriaGold and Goose Cal Crutchlow saat berlaga di MotoGP Austria

Kali ini, Rossi tidak lagi ditemani Cal Crutchlow seperti pada dua seri sebelumnya. Pebalap tuan rumah itu akan menggantikan posisi Maverick Vinales hingga akhir musim. Franco Morbidelli masih dalam masa penyembuhan dan kali ini digantikan oleh pebalap Moto2, yakni Jake Dixon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com