Mau Punya Honda Brio? Gaji Minimal Cukup Rp 7 Juta Per Bulan

Kompas.com - 26/08/2021, 14:13 WIB
Honda Brio DOK. HONDA PROSPECT MOTORHonda Brio
|

JAKARTA, KOMPAS.comHonda Brio merupakan mobil yang cukup digemari di rentang harga Rp 150 jutaan. Brio bahkan jadi mobil terlaris di Indonesia pada tahun 2020.

Konsumen yang ingin membeli Brio secara kredit bisa memilih uang muka, tenor, dan cicilan yang sesuai dengan kemampuannya.

Anda yang sudah lama mengincar mobil ini harus memperhatikan pendapatan minimal, terutama jika beli secara kredit.

Baca juga: Tantang Rocky dan Raize, Renault Kiger Mengaspal Jumat Ini

Interior Honda Brio Satya CVTKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Interior Honda Brio Satya CVT

Misal untuk Brio Satya tipe termurah, yakni S M/T yang dibanderol Rp 151,4. DP yang diminta minimal 30 persen atau sekitar Rp 45,420 juta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Angsuran per bulannya sebesar Rp 2,366 juta selama 60 bulan atau lima tahun,” ucap salah satu pramuniaga Honda di Jakarta Pusat kepada Kompas.com, Kamis (26/8/2021).

“Untuk gaji per bulan idealnya harus Rp 7 juta, karena dari leasing menghitung gaji minimal dapat tiga kali angsuran,” kata pramuniaga tadi.

Baca juga: HiAce Premio Motorhome Super Mewah Buatan BAV, Ada Kasur dan Toilet

Honda Brio Satya CVTKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Honda Brio Satya CVT

Sedangkan untuk Brio RS CVT, atau Brio varian teratas yang dihargai Rp 196,2 juta, konsumen harus menyerahkan DP minimal Rp 58,860 juta, dengan cicilan Rp 3,066 juta per bulan sampai 60 bulan atau lima tahun.

Dengan cicilan sekitar Rp 3 jutaan per bulan, artinya saldo tabungan Anda minimal harus mencapai Rp 9 jutaan setiap bulannya.

“Jumlah itu masih ilustrasi, konsumen masih bisa menyesuaikan jumlah DP atau masa tenor, jika ingin angsuran yang lebih ringan,” ujar pramuniaga tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.