Adu Angkot, Bahas Eksterior Suzuki Carry dan Daihatsu Gran Max

Kompas.com - 25/08/2021, 10:02 WIB
Angkot berbasi Carry dan Gran Max TWITTER/@DISHUBDKI_JKTAngkot berbasi Carry dan Gran Max

JAKARTA, KOMPAS.com – Meski populasinya makin minim, tapi di beberapa daerah angkutan perkotaan (angkot) masih jadi andalan transportasi mikro bagi warga. Bicara angkot, ada dua model yang bersaing di segmen kendaraan niaga ini, adalah Suzuki Carry dan Daihatsu Gran Max.

Carry memang sejak lama menjadi primadona angkot, namun kehadiran Gran Max memberi pilihan lain bagi pebisnis. Untuk angkot, mobil ini praktis awalnya sasis pikap, kemudian dibuatkan bodi belakang ke perusahaan karoseri.

Setiap karoseri angkot memiliki desain khas masing-masing. Biasanya yang membedakan hanya di bagian kepala, atau muka dari sasis yang dipilih.

Baca juga: Turun Jadi PPKM Level 3, Ini Aturan Perjalanan Darat di Jabodetabek

Angkot terintegrasi Jak Lingko Angkot terintegrasi Jak Lingko

Kali ini Kompas.com akan sedikit membahas eksterior dari kedua angkot yang marak di jalanan. Pertama untuk Carry, dengan model terbaru bisa dibilang bentuknya sangat mengotak, berbeda dengan generasi sebelumnya yang membulat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bagian depan Carry seperti memiliki semi bonnet, namun tidak bisa dibuka. Kemudian untuk bumper, karena mengambil basis dari pikap, bumper dan gril masih memakai warna dasar plastik, yaitu hitam.

Baca juga: Mitsubishi Xpander Mundur di Tanjakan Sitinjau Lauik

Beralih ke Gran Max, bisa dibilang saat awal menjadi angkot, bentuknya lumayan unik karena memiliki bonnet depan. Bentuk bagian depan dari Gran Max pun membulat, dengan bagian bumper yang juga masih berwarna dasar plastik.

Kalau membahas soal bodi tambahan buatan karoseri, tentu angkot memiliki pintu masuk di bagian kiri. Begitu juga terpasang jendela yang dibuka dengan cara digeser. Untuk menambah ruang kepala penumpang, atap bagian belakang ini dibuat lebih tinggi.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.