Daihatsu Minta Maaf, Terios dan Xenia Inden 5 Bulan

Kompas.com - 21/08/2021, 08:22 WIB
Daihatsu Terios di GIIAS 2019 Daihatsu Terios di GIIAS 2019

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang berakhirnya diskon PPnBM 0 persen pada akhir Agustus 2021, beberapa agen pemegang merek (APM) masih kelabakan memenuhi tingginya permintaan dari konsumen.

Salah satu satunya PT Astra Daihatsu Motor (ADM) yang mengklaim bila angin segar PPnBM memberikan dampak pada inden panjang dua produknya, yakni Xenia dan Terios.

"Terios inden di luar kota itu bisa sampai 4-5 bulan, saya minta maaf dalam hal ini karena ini jadi kesedihan tidak bisa memenuhi harapan konsumen. Xenia juga indennya panjang sekali," ujar Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT ADM, dalam konferensi pers virtual, Jumat (20/8/2021).

Baca juga: Tak Lagi Setahun, Toyota Sebut Inden Raize TSS Cuma 1-2 Bulan

Menurut Amel, salah satu faktor terjadinya inden panjang lantaran produksi Daihatsu pada Juli lalu mengalami penurunan yang cukup besar.

Daihatsu Xenia di GIIAS 2019 Daihatsu Xenia di GIIAS 2019

Kondisi tersebut terjadi karena Daihatsu berkomitmen mematuhi aturan PPKM dengan protokol kesehatan yang ketat. Imbasnya, membuat pengurangan shift kerja.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jadi hanya satu shift kerja. Bila dilihat produksi kami bulan lalu droop cukup besar dan berdampak pada inden produk-produk Daihatsu terutama yang mendapat diskon PPnBM," kata Amel.

Namun demikian, Amel mengatakan saat ini bagian pabrik sudah mulai bersiap melakukan peningkatan produksi dengan kembali menerapkan dua shift kerja.

Baca juga: Rocky Tandai Pencapaian Produksi 7 Juta Unit Daihatsu di Indonesia

Walau menjadi titik terang karena diharapkan bisa berdampak pada perbaikan suplai unit, tapi Amel mengingatkan bila hal tersebut tidak serta merta langsung memaksimalkan pemenuhan inden yang ada.

"Ada perbaikan pada bulan ini, tetapi belum sepenuhnya karena kita tergantung juga dari supplier lainnya," ucap Amel.

Ilustrasi suplai mobil dari pabrik DaihatsuDok. ADM Ilustrasi suplai mobil dari pabrik Daihatsu

Division Head Marketing & Customer Relation, Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso mengatakan, rata-rata inden untuk Xenia dan Terios pada posisi saat ini berkisar dua sampai tiga bulan.

"Bila konsumen memesan unit pada Agustus ini, kemungkinan besar baru akan menerima unit pada September dan bulan setelahnya. Untuk Rocky sendiri unitnya available saat ini," kata Hendrayadi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.