Akhir Pekan, Akses Tawangmanngu Ditutup Sementara

Kompas.com - 21/08/2021, 07:22 WIB
Petugas Kepolisian Satlantas Polresta Tasikmalaya dalam mengatur penutupan jalan di wilayah Kota Tasikmalaya menjelang larangan perayaan malam tahun baru, beberapa waktu lalu. KOMPAS.com/IRWAN NUGRAHAPetugas Kepolisian Satlantas Polresta Tasikmalaya dalam mengatur penutupan jalan di wilayah Kota Tasikmalaya menjelang larangan perayaan malam tahun baru, beberapa waktu lalu.

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna mengatisipasi kemacetan saat akhir pekan, Satlantas Polres Karanganyar akan memberlakukan rekayasa lalu lintas di Kecamatan Tawangmangu.

Rekayasa arus lalu lintas tersebut hanya berlaku setiap Minggu mulai pukul 09.00-15.00.

Petugas nantinya akan ditempatkan di simpang Sumokado. Sedangkan ruas jalan menuju ke Puskesmas Tawangmangu, baik itu dari simpang 3 toko pojok dan simpang 4 BIP akan ditutup.

Sehingga kendaraan dari arah Pasar Tawangmangu tidak dapat belok kiri ke arah puskesmas. Begitu juga kendaraan dari arah timur atau Cemoro Kandang tidak dapat belok kanan menuju ke puskesmas.

Baca juga: Teman Bus Hadir di Makassar, Mulai Beroperasi September 2021

Bagi warga luar Tawangmangu yang hendak melintas akan diminta putar balik oleh petugas.

Meski begitu, ada beberapa yang mendapat pengecualian, yakni untuk warga lokal Tawangmangu, sektor kesehatan baik itu ambulans, apotek dan lainnya, tamu hotel serta mobilitas dalam keadaan darurat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Ini hasil evaluasi, setiap minggu itu walaupun tempat wisata tutup, tapi di Tawangmangu setiap minggu, informasi dari teman-teman (anggota) padat. Karena PPKM masih level 4, untuk mengantisipasi disamping kepadatan arus juga mengurangi kerumunan,” kata Kasatlantas Polres Karanganyar, AKP Sarwoko, Jumat (20/8/2021).

Petugas Satlantas Polres Karanganyar memberikan sosialisasi kepada pengendara dan penumpang mobildoc satlantas polres karanganyar Petugas Satlantas Polres Karanganyar memberikan sosialisasi kepada pengendara dan penumpang mobil

Sarwoko mengatakan, masyarakat luar Tawangmangu akan diminta putar balik di simpang Sumokado.

Anggota Satlantas Polres Karanganyar akan berjaga sekaligus mengecek setiap kendaraan dari arah barat atau Karangpandan dan Karanganyar Kota yang hendak menuju ke kawasan Tawangmangu.

Baca juga: Tren Mobil Bergaya Sporty Terus Meningkat di Indonesia

“Nanti kita cek satu per satu di Sumokado. Kita tempatkan personel. Kalau warga lokal, warga Tawangmangu diperbolehkan masuk. Termasuk warga Magetan. Kalau tidak memenuhi kriteria warga lokal atau warga setempat situ (Tawangmangu), terpaksa kita arahkan untuk putar balik,” kata dia.

Sarwoko melanjutkan, pembatasan mobilitas ini dilakukan dalam rangka mengurangi kepadatan arus lalu lintas dan kerumunan di kawasan Tawangmangu terutama saat akhir pekan. Hal ini lanyaran masih diberlakukannya PPKM Level 4 hingga 23 Agustus 2021.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.