Rocky Tandai Pencapaian Produksi 7 Juta Unit Daihatsu di Indonesia

Kompas.com - 20/08/2021, 16:51 WIB
Produksi 7 juta unit Daihatsu di Indonesia ADMProduksi 7 juta unit Daihatsu di Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama 43 tahun di Indonesia, akhirnya pada Juli 2021, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) kembali mencetak prestasi dengan merayakan pencapaian produksi ke-7 Juta unit.

Rocky 1.200 cc, tampil menandai pencapaian produksi ke-7 juta unit Daihatsu. Pencapaian ini pun mengantarkan Daihatsu menjadi pabrikan otomotif dengan jumlah produksi terbesar di Tanah Air.

"Baru kami yang klaim produksi sampai 7 juta unit," ujar Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT ADM Amelia Tjandra, dalam konferensi pers secara virtual, Jumat (20/8/2021).

Hal tersebut juga dibenarkan Kurniawan Rahardono, Executive Officer PT ADM. Menurut pria yang akrab disapa Doni tersebut, sejauh ini produksi Daihatsu memang lebih besar, bahkan melebihi saudara tuanya, yakni Toyota.

Baca juga: Pengurangan Produksi di Toyota Tidak Berpengaruh Terhadap Daihatsu

Apalagi bila melihat dari pencapaian jumlah produksi per tahun, secara total Daihatsu di Indonesia, jauh lebih unggul dari pabrikan roda empat lainnya.

Ilustrasi suplai mobil dari pabrik DaihatsuDok. ADM Ilustrasi suplai mobil dari pabrik Daihatsu

"Ya, sejauh ini memang kami lebih banyak dari Toyota, tapi kalau soal angka silakan ditanyakan langsung ke mereka (Toyota)," kata Doni.

Doni menjelaskan, perjalanan produksi Daihatsu di Indonesia cukup signifikan. Ketika pertama mulai produksi pada 1978, butuh waktu 27 tahun untuk mencapai 1 juta unit, yang terealisasi pada 2005.

Namun berikutnya, 2 juta unit sudah diraih dengan waktu lebih singkat, yakni hanya 5 tahun tepatnya pada 2010. Untuk produksi 3 juta tercapai pada 2013, sementara 4 dan 5 juta unit diraih secara di selama selang dua tahun, yakni pada 2015 dan 2017.

Baca juga: Krisis Cip Global Belum Ganggu Penjualan Toyota di Indonesia

Pencapaian 6 juta unit produksi dilanjutkan pada 2019. Sebelumnya, untuk 7 juta unit ditergetkan bakal terjadi pada 2020, namun karena dihantam pandemi Covid-19, maka baru bisa diraih pada Juli lalu.

Ilustrasi produksi mobil di pabrik Daihatsu.KOMPAS.com / FEBRI ARDANI Ilustrasi produksi mobil di pabrik Daihatsu.

Menurut Doni, ADM memiliki fasilitas perakitan kendaraan yang terintegrasi di Sunter dan Karawang. Dengan jumlah kapasitas produksi per tahun mencapai 530.000 unit, membuat produk keluaran ADM dalam 5 tahun terakhir, berkontribusi 40 persen dari wholesales pasar mobil domestik di Indonesia.

Perjalanan 7 juta unit juga tidak mudah, apalagi ketika pandemi. Namun Daihatsu berhasil mencapainya dengan peningkatan ragam inovasi pabrik, sehingga proses produksi masih bisa berjalan meski ada keterbatasan layaknya aturan PPKM.

"Untuk inovasi di masa pandemi, diantaranya digitalisasi kontrol sisttem pada 2020 yang menyeluruh, sehingga part ordering kami bisa dilakukan terintegrasi sehingga efesiensi operasi bisa ditingkatkan. Lalu ada robotic welding yang mana otomatisasi kita mencapai 90 persen," ucap Doni.

Baca juga: Power Mode Bikin Raize GR Sport CVT Galak dari Putaran Bawah

Daihatsu Rocky 1.2LDok. ADM Daihatsu Rocky 1.2L

Selain itu, ADM juga ikut mengenalkan pengoperasian beberapa mesin kelas dunia di engine plant yang memungkinkan peningkatan akurasi dari parts yang dihasilkan. Lalu pada 2021, ADM menerapkan advance robotic seller di painting guna meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.