Viral, Foto Spanduk Sindiran untuk Warga yang Parkir Mobil di Jalan

Kompas.com - 21/08/2021, 07:42 WIB
Baru-baru ini viral di media sosial yang memperlihatkan foto sebuah spanduk, yang berisi imbauan agar memiliki garasi sebelum membeli mobil. Gambar yang viral setelah diunggah oleh akun instagram @mobilgue itu, dibuat oleh pengurus RW Desa Simpangan, Cikarang Utara, Bekasi, Jawa Barat.
instagram.com/mobilgueBaru-baru ini viral di media sosial yang memperlihatkan foto sebuah spanduk, yang berisi imbauan agar memiliki garasi sebelum membeli mobil. Gambar yang viral setelah diunggah oleh akun instagram @mobilgue itu, dibuat oleh pengurus RW Desa Simpangan, Cikarang Utara, Bekasi, Jawa Barat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Baru-baru ini viral di media sosial yang memperlihatkan foto spanduk berisi imbauan agar memiliki garasi sebelum membeli mobil.

Gambar yang viral setelah diunggah oleh akun instagram @mobilgue itu dibuat oleh pengurus RW Desa Simpangan, Cikarang Utara, Bekasi, Jawa Barat.

“Ada hak jalan orang lain yang kamu ambil bro!!! Punya mobil enggak punya parkiran. Mending jual aja mobilnya buat beli parkiran,” tulis spanduk tersebut.

Pemilik mobil yang parkir di pinggir jalan karena tidak memiliki garasi memang kerap membuat jengkel, apalagi jika kondisi itu terjadi di jalan yang relatif sempit.

Baca juga: Teman Bus Hadir di Makassar, Mulai Beroperasi September 2021

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, hal itu bisa terjadi karena banyak sebab. Salah satunya ialah kurangnya empati.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kita lihat banyak orang yang parkir di jalan-jalan kecil, di perkampungan yang seharusnya mereka belum pantas punya mobil karena tidak punya garasi,” ucap Jusri saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Menurut Jusri, ada konsekuensi kalau mau beli mobil maka harus punya garasi. Atau, setidaknya menyewa lahan parkir.

“Jangan pernah mengambil badan jalan, apalagi yang jalannya sempit,” kata dia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Mobilgue (@mobilgue)

Secara umum, aturan mengenai perparkiran sudah tertuang dalam Pasal 275 ayat 1 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ), yang berbunyi:

“Setiap orang yang melakukan perbuatan yang mengakibatkan gangguan pada fungsi Rambu Lalu Lintas, Marka Jalan, Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas, fasilitas Pejalan Kaki, dan alat pengaman Pengguna Jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 ayat (2) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp 250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah),”

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.