Marquez Tetap Senang Meski Gagal Menang di MotoGP Austria

Kompas.com - 16/08/2021, 10:42 WIB
Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Austria 2021. (Photo by Joe Klamar / AFP) JOE KLAMARMarc Marquez saat berlaga pada MotoGP Austria 2021. (Photo by Joe Klamar / AFP)

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez gagal meraih kemenangan pada jalannya balapan yang bercampur hujan pada MotoGP Austria. Padahal, Marquez sempat memimpin balapan di Sirkuit Red Bull Ring ini.

Pada lap-25, hujan turun dan beberapa pebalap di depan akhirnya memutuskan untuk mengganti motor dengan ban basah untuk kondisi hujan. Selain Marquez, di belakangnya ada Francesco Bagnaia, Jorge Martin, Fabio Quartararo, dan Joan Mir.

Beberapa pebalap memutuskan untuk tetap menggunakan ban slick, seperti Brad Binder yang akhirnya menang. Marquez pun berada di urutan kedelapan saat keluar dari pit.

Baca juga: Marc Marquez Zoom Meeting Bareng Komunitas Motor Honda Indonesia

Namun, pada lap ke-27, pebalap Repsol Honda Team tersebut terjatuh di tikungan pertama. Sedangkan pebalap lainnya, terus melaju dengan lebih waspada.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Austria 2021. (Photo by Joe Klamar / AFP)JOE KLAMAR Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Austria 2021. (Photo by Joe Klamar / AFP)

"Saya tidak terluka dan saya cukup senang dengan hari ini. Sebab, saya memilihnya dan saya melawan untuk berada di depan dan terjatuh kemudian," ujar Marquez, dikutip dari Speedweek.com, Senin (16/8/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Marquez mengatakan, pada balapan flag-to-flag ini, potensi sebenarnya memang jadi tidak terlihat. Tapi, dia tetap mampu bertahan dalam kondisi kering di depan.

Pada beberapa balapan flag-to-flag di musim-musim sebelumnya, Marquez cukup piawai membaca situasi. Beberapa kali keputusannya tepat dan berhasil meraih kemenangan atau naik podium. Tapi, kali ini gagal.

Baca juga: Gaya Balap Marquez Dianggap Agresif, Bakal Dapat Peringatan

"Menurut saya, pit stop tersebut adalah keputusan yang baik. Itu adalah keputusan teraman. Saya mencoba untuk bertahan memimpin. Ketika mulai hujan, normal saja jika pebalap lain mengikuti pebalap di depan untuk mengganti motor, dan benar saja seperti itu," kata Marquez.

Marquez mengaku ingin membalas jerih payah tim untuk membuat motornya kompetitif, tapi sayang tidak berhasil. Meski demikian, timnya cukup senang melihat performa Marquez saat trek masih kering.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.