Chery Umbar Janji Mau Bangun R&D di Indonesia

Kompas.com - 16/08/2021, 07:02 WIB
Merek otomotif asal China, Chery bakal kembali ke Indonesia tahun ini dok.CheryMerek otomotif asal China, Chery bakal kembali ke Indonesia tahun ini

JAKARTA, KOMPAS.com - Merek mobil asal China, Chery mengumbar janji berencana membangun pusat penelitian dan pengembangan (R&D) di Indonesia untuk pasar ASEAN dalam beberapa waktu ke depan.

Rencana ini diungkapkan melalui akun resmi Instagram @cherymotorindonesia beserta pernyataan mengenai perkembangan R&D perseroan di dunia, Sabtu (14/8/2021).

"Tim R&D profesional internasional adalah dasar dari inovasi teknologi. Di masa depan, kami juga berencana untuk membentuk tim R&D Indonesia untuk mencakup semua pasar ASEAN," tulisnya.

Baca juga: Alphard Dipaksa Offroad, Begini Cara Aman Mobil Lewati Lumpur

Mobil Listrik Chery.Reuters Mobil Listrik Chery.

Chery sejatinya sudah lebih dahulu hadir ketimbang Wuling dan DFSK di Indonesia. Kala itu, Chery digandeng perusahaan otomotif lokal, Grup Indomobil lewat PT Unicor Prima Motor pada 2006. Namun, kehadiran Chery di Indonesia tergolong merek medioker dan belum berhasil menembus pasar otomotif Indonesia yang dikuasai merek Jepang.

Tapi, jika Chery bisa membuktikan omongannya, kehadiran kali ini tidak main-main. Perusahaan pelat merah dari Wuhu, Provinsi Anhui, Chinna ini bakal berusaha menyusul kembali rekan senegaranya yang sudah cukup eksis di Indonesia, seperti Wuling dan DFSK.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Keputusan tersebut juga menegaskan pernyataan Marketing Director of RHD Region Qin Gang saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu. Dalam kesempatan itu, ia menyebut bahwa Chery akan berkomitmen di Indonesia.

Menurut Qin, komitmen terkait akan dilakukan dalam dua fase yaitu jangka pendek (sekitar lima tahun ke depan) dengan menghadirkan lima produk baru di pasar domestik, dan jangka panjang melalui pembangunan pabrik.

Baca juga: Chery Tak Sengaja Membocorkan Model Andalan untuk Kembali di Indonesia

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by CheryIndonesiaOfficial (@cherymotorsindonesia)

"Kami akan membagi (strategi ke Indonesia) menjadi dua fase. Siapkan pabrik juga ada dalam rencana kami," ujarnya.

"Nanti setelah tim kami tiba di Indonesia, kita akan bicarakan lebih jauh. Bila memungkinkan, kita akan ke sana pertengahan tahun ini," lanjut Qin.

Chery sendiri diketahui sempat hadir di Indonesia di bawah payung Indomobil Grup pada 2011. Namun karena preferensi pasar, merek ini memutuskan untuk keluar dan tak lagi terdaftar di Gaikindo sejak 2016.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.