Semakin Dilupakan, Wajib Menyalakan Sein Saat Pindah Lajur

Kompas.com - 16/08/2021, 10:02 WIB
Pengemudi pindah lajur tanpa nyalakan lampu sein INSTAGRAM/DASHCAMINDONESIAPengemudi pindah lajur tanpa nyalakan lampu sein

JAKARTA, KOMPAS.comLampu sein yang ada pada kendaraan bukan hanya digunakan saat mau berbelok, tetapi juga saat mau pindah lajur. Menyalakan sein saat pindah lajur ini harus dilakukan sebagai wujud komunikasi dengan kendaraan di belakang.

Jika asal pindah lajur tanpa menyalakan sein, bisa saja terjadi senggolan dengan mobil atau motor di belakangnya. Kejadian seperti ini memang sering ditemui di jalan raya, bahkan kadang bisa merugikan kedua pihak.

Misalnya seperti video yang diunggah aku dashcam Indonesia di Instagram. Pada video singkat tersebut, terlihat mobil putih dalam posisi ingin mendahului truk di depannya, pengemudi pun mengambil sisi kiri untuk menyalip, namun tidak menyalakan lampu seinnya.

Baca juga: Bunyikan Sirene dan Minta Jalan, Sopir Ambulans Ini Dikritik Warganet

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Beruntung tidak terjadi tabrakan dari mobil putih maupun perekam. Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, menyusul atau berpindah lajur harus sesuai dengan kaidah keselamatan, salah satunya menyalakan lampu sein.

“Ketika mau pindah lajur, berarti akan mengambil atau memotong lajur orang lain, jadi harus izin dahulu (dengan menyalakan lampu sein),” kata Sony kepada Kompas.com, Minggu (15/6/2021).

Baca juga: Akhir Pekan, Ganjil-Genap di Jakarta Tetap Berlaku

Sony juga mengingatkan, menyalakan lampu sein bukan berarti bisa sembarangan pindah lajur. Pastikan dahulu kondisi lalu lintas yang ada di belakang kendaraan aman, jadi tidak asal potong lajur walaupun marka jalannya putus-putus.

Mengemudi di jalan membutuhkan etika yang baik untuk mengurangi risiko kecelakaan. Etika yang baik artinya perilaku pengemudi yang mampu meminimalisir risiko kecelakaan,” ucap Sony.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.