Honda Mulai Mewajibkan Sertifikasi Vaksin Covid buat Karyawan

Kompas.com - 14/08/2021, 08:02 WIB
Ilustrasi Honda Prospect Motor Stanly/OtomaniaIlustrasi Honda Prospect Motor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) mulai memberlakukan kewajiban memiliki sertifikasi vaksin virus corona alias Covid-19 bagi karyawan. Syarat ini menjadi bagian penting demi menciptakan kondisi aman dan nyaman bagi berbagai aktivitas bisnis perusahaan.

Langkah tersebut sejalan dengan Surat Keputusan Nomor 974 Tahun 2021 yang mengatur kebijakan di Ibu Kota selama perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 hingga 16 Agustus 2021 mendatang.

Sebab dalam beleid itu, salah satu poin penting yang dimuat ialah kebijakan wajibnya sertifikat vaksin Covid-19 sebagai syarat kegiatan pada sektor-sektor yang telah dizinkan.

Baca juga: Bikin dan Perpanjang SIM Tak Perlu Bawa Sertifikat Vaksin Covid-19

Honda N7X ConceptHONDA Honda N7X Concept

"Pada dasarnya, kami mengikuti aturan pemerintah. Jadi, saat ini surat vaksinasi sudah menjadi syarat untuk rekrutmen karyawan baru di HPM," kata Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM Yusak Billy saat dihubungi Kompas.com, Jumat (13/8/2021).

"Kami juga mengarah untuk penerapan prosedur wajib surat vaksinasi di diler-diler yang ada," lanjut dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sejalan dengan hal itu, perseroan juga telah menjalankan program untuk vaksinasi kepada seluruh karyawan baik di wilayah perkantoran, pabrik, dan diler.

Sehingga, menekan potensi penyebaran Covid-19 di lingkungan bisnis Honda di Indonesia.

Baca juga: Sertifikat Vaksin Covid-19 Jadi Syarat Aktivitas Pabrik dan Diler Toyota

Pabrik HPM Karawangdok.HPM Pabrik HPM Karawang

"Kami juga sudah menjalankan program vaksinasi untuk karyawan, yang sudah mencapai 100% dari seluruh karyawan yang dapat menerima vaksin," katanya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan bahwa surat atau sertifikasi vaksin memiliki peranan penting untuk bisa menekan penyebaran virus di dalam negeri.

“Selama masa PPKM level 4 Covid-19, setiap orang yang melakukan aktivitas pada tiap-tiap sektor atau tempat harus sudah divaksinasi Covid-19 (minimal vaksinasi dosis pertama),” tulis Anies dalam diktum keempat keputusannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.