Yamaha Coret Vinales dari MotoGP Austria, Kasus Motor Mogok

Kompas.com - 12/08/2021, 18:35 WIB
Maverick Vinales saat balapan pada MotoGP Styria 2021 (Photo by Joe Klamar / AFP) JOE KLAMARMaverick Vinales saat balapan pada MotoGP Styria 2021 (Photo by Joe Klamar / AFP)

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha baru saja membuat pengumuman mengejutkan. Maverick Vinales ditarik alias tidak akan tampil pada MotoGP Austria.

Keputusan ini sehubungan dengan insiden pada MotoGP Styria, di mana motor Vinales terlihat bermasalah setelah mendadak mati sebelum start.

Vinales pun diharuskan start dari pitlane saat itu. Namun, dia tak menyelesaikan balapan karena mengaku ada yang tak beres dengan YZR-M1 miliknya.

Baca juga: Yamaha Pastikan Morbidelli Gantikan Vinales

Dalam keterangan resmi Monster Energy Yamaha MotoGP, disebutkan, absennya Vinales karena pengoperasian motor yang tidak dapat dijelaskan oleh pebalap selama balapan MotoGP Styria pekan lalu.

Maverick Vinales saat kualifikasi pada MotoGP Styria 2021. (Photo by JOE KLAMAR / AFP)JOE KLAMAR Maverick Vinales saat kualifikasi pada MotoGP Styria 2021. (Photo by JOE KLAMAR / AFP)

"Keputusan Yamaha mengikuti analisis mendalam tentang telemetri dan data selama beberapa hari terakhir. Kesimpulan Yamaha adalah bahwa tindakan pebalap dapat berpotensi menyebabkan kerusakan signifikan pada mesin sepeda YZR-M1-nya yang dapat menyebabkan risiko serius bagi pebalap itu sendiri dan mungkin menimbulkan bahaya bagi semua pebalap lain di balapan MotoGP," tulis keterangan resmi tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Disebutkan juga Yamaha tidak akan menggantikan Vinales dengan pebalap lain untuk MotoGP Austria.

Selain itu, keputusan mengenai keikutsertaan Vinales di seri-seri berikutnya juga akan diambil setelah analisis situasi yang lebih rinci dan diskusi lebih lanjut antara Yamaha dan Vinales.

Baca juga: Tim Balap Ayah Maverick Vinales Juga Cerai dari Yamaha

Sebelumnya, Vinales mengaku lap-lap awal terasa fantastis saat balapan di Sirkuit Red Bull Ring. Ketika kembali ke paddock, mekaniknya mengganti ban dan kopling.

"Motor menjadi tidak bisa dikenali. Saya mengendurkan kopling saat warm up lap, lalu motor menjadi mati. Beberapa hal di luar kendali saya," ujar Vinales, dikutip dari Speedweek.com, Selasa (10/8/2021).

Vinales menambahkan, lampu di dasbor terus menyala dan membuatnya harus kembali ke paddock. Vinales mengaku tidak tahu apa yang terjadi dan sempat berpikir kehilangan oli, tapi ternyata tidak. Dia pun menyudahi balapannya lebih awal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.