Kemenhub Kirim Ratusan Bus dan Pengemudi Dukung PON XX Papua

Kompas.com - 12/08/2021, 16:32 WIB
Kemenhub kirim ratusan bus ke Papua KEMENHUBKemenhub kirim ratusan bus ke Papua

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, memberikan dukungan penyelenggaraan PON XX dan PEPARNAS XVI Papua, berupa 428 unit bus dan 471 awak.

Dari jumlah tersebut, 217 unit bus terdiri dari model mikro dengan 19 tempat duduk yang merupakan pengadaan, dan 211 unit lainnya berjenis medium dengan 26 tempat duduk yang akan disewa.

"Bus akan kita kirim masing-masing dari Tanjung Priok menuju Kota dan Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke dengan menggunakan KM. Dharma Kencana VII dan KM. Dharma Rucitra VII," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi, dalam keterangan resminya, Kamis (12/8/2021).

Baca juga: Tanpa Tilang, Ganjil Genap Jakarta Mulai Berlaku Hari Ini

Ditargetkan ratusan bus tersebut bakal tiba di masing-masing lokasi paling lambat pada 1 September 2021. Sementara untuk pola operasi bus saat pelaksanaan PON XX, yakni bus akan melekat kepada atlet dan ofisial dengan sistem shuttle.

Kemenhub kirim ratusan bus ke PapuaKEMENHUB Kemenhub kirim ratusan bus ke Papua

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tak hanya itu, Budi Mengatakan untuk memberdayakan masyarakat lokal, maka akan ada 261 pengemudi yang merupakan penduduk lokal Papua. Semua pengemudi akan mendapatkan pelatihan keterampilan, serta keramahan dalam hal pelayanan untuk para atlet

Sementara untuk dukungan gelaran Pekan Paralimpiade Nasional (PEPARNAS) XVI, sebanyak 120 unit bus telah dilakukan modifikasi untuk melakukan penyesuaian bagi para atlet.

Baca juga: Upaya Kemenhub Tekan Penyebaran Covid-19 di Transportasi Darat

Kemenhub kirim ratusan bus ke PapuaKEMENHUB Kemenhub kirim ratusan bus ke Papua

"Sesuai saran dari Pemerintah Provinsi Papua, kita akan melakukan modifikasi interior bagi 60 unit bus dengan membuat ramp on/off sesuai standar kemiringan bagi atlet pengguna kursi roda, sementara 60 unit lainnya tanpa modifikasi," kata Budi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.