PPKM 2-4 Diperpanjang, Syarat Perjalanan Darat Tetap Berlaku

Kompas.com - 10/08/2021, 07:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah kembali memperanjang aturan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2,3, dan 4 sampai 16 Agustus 2021. Hal ini dilakukan sebagai upaya menekan penyebaran Covid-19.

"Atas arahan Presiden Republik Indonesia, maka PPKM Level 4, 3, dan 2 di Jawa-Bali akan diperpajang sampai 16 Agustus 2021. Keputusan ini akan dituangkan dalam instruksi Mendagri yang lebih detail," kata Menteri Kordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, dalam keterangan resminya secara virtual, Senin (9/8/2021).

Luhut mengatakan, dari penerapan PPKM yang sudah berjalan, sejauh ini menunjukkan hasil yang positif. Berdasarkan data, telah terjadi penurunan kasus sebanyak 59 persen dari data puncak kasus pada 15 Juli 2021.

Baca juga: Resmi, Toyota Luncurkan Avanza Veloz GR Sport dan 4 Model Lainnya

Karena itu, untuk menjaga momentum yang sudah cukup baik, maka pemerintah atas arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali melakukan perpanjangan kebijakan PPKM Level 2,3, dan 4.

Jalan Tol Pekanbaru-Dumai, Riau Hutama Karya Jalan Tol Pekanbaru-Dumai, Riau

Dengan perpanjangan PPKM tersebut, otomatis aturan pembatasan dan mobilitas tetap berlaku. Termasuk dalam hal syarat-syarat perjalanan darat, baik yang menggunakan transportasi pribadi atau pun umum.

Ketika mengkonfirmasi, Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi, memberikan pernyataan tidak ada perubahan terkait syarat perjalanan.

Untuk darat, masih mengacu pada persyaratan di Surat Edaran (SE) 56 Tahun 2021 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Darat Pada Masa Pandemi Covid-19.

"Belum ada perubahan, masih tetap sama (SE 56)," kata Budi pada pesan singkatnya kepada Kompas.com di waktu yang sama.

Baca juga: Lengkap, Ini Aturan Teknis Perjalanan Darat PPKM Level 1-4

volume lalu lintas di jalan tol turun selama PPKM DaruratJasa Marga volume lalu lintas di jalan tol turun selama PPKM Darurat

Pada SE 56, ada beberapa ketentuan syarat perjalanan transportasi darat yang wajib dipatuhi masyarakat, khususnya di wilayah Pulau Jawa dan Bali dengan masing-masing tingkatan level PPKM.

Transportasi darat yang dimaksud terdiri dari angkutan lintas batas negara, angkutan antarkota antarprovinsi (AKAP), antarkota dalam provinsi, angkutan antarjemput antarprovinsi, angkutan pariwisata, angkutan barang, mobil penumpang, sepeda motor, angkutan sungai, danau, dan penyeberangan.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.