Jelang MotoGP Styria 2021, Rossi Khawatir Cuaca Hujan

Kompas.com - 08/08/2021, 12:01 WIB
Valentino Rossi saat sesi latihan bebas pada MotoGP Styria 2021. (Photo by JOE KLAMAR / AFP) JOE KLAMARValentino Rossi saat sesi latihan bebas pada MotoGP Styria 2021. (Photo by JOE KLAMAR / AFP)

JAKARTA, KOMPAS.com - Valentino Rossi kembali kesulitan lagi membawa Yamaha YZR-M1 ke garis depan. Bahkan, tidak sanggup untuk menembus sepuluh besar pada seri kesepuluh MotoGP 2021 yang digelar di Sirkuit Red Bull Ring, Austria.

Pada sesi latihan bebas FP3 dan FP4, Rossi berada di posisi ke-19. Dia pun harus menjalani sesi kualifikasi Q1 dan selesai di urutan ketujuh. Pebalap Petronas Yamaha Sepang Racing Team (SRT) itu pun harus start dari posisi ke-17.

"Kami bekerja pada motor dan set-up. Saya kurang senang pada pagi hari, karena balance tidak begitu bagus, tapi pada siang hari lebih baik," ujar Rossi, dikutip dari Speedweek.com, Minggu (8/8/2021).

Baca juga: Kebanggaan Petronas Yamaha SRT Jadi Tim Terakhir Valentino Rossi

Rossi menambahkan, kondisi sirkuit cukup menyulitkan karena lebih panas. Namun, pebalap yang memutuskan untuk pensiun pada akhir musim ini mampu meningkatkan feeling dengan motornya.

Valentino Rossi saat sesi latihan bebas pada MotoGP Styria 2021. (Photo by JOE KLAMAR / AFP)JOE KLAMAR Valentino Rossi saat sesi latihan bebas pada MotoGP Styria 2021. (Photo by JOE KLAMAR / AFP)

"Potensi kami tidak fantastis, saya akan start dari urutan ke-17. Kami harus mencoba untuk mungkin mendapatkan sedikit poin. Tapi, semua masih terbuka, karena ramalan cuaca untuk besok sangat buruk," kata Rossi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rossi mengatakan, dirinya berharap hujan tidak terlalu deras agar tetap bisa balapan. Sebab, keamanan sirkuit menjadi cukup mengkhawatirkan jika hujan terlalu deras.

Baca juga: Ritual Unik Valentino Rossi Saat Balapan, Ngobrol dengan Motor

"Ada zona pengereman di depan tikungan 3, yang sangat berbahaya saat basah, tapi juga saat kering. Jika wet race seperti biasa dengan jumlah air yang normal, maka seperti wet race lainnya. Masalahnya, cuaca buruk sudah diprediksi, yang artinya bisa saja jumlah air berlebihan," ujar Rossi.

Menurutnya, terlalu banyak air akan menjadi masalah, balapan dilarang karena terlalu berbahaya. Jika balapan diundur hari Senin pun juga tetap akan menimbulkan masalah lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.