Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Fitur Pajero Sport dan Toyota Fortuner, Mana yang Lebih Canggih?

Kompas.com - 06/08/2021, 13:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Persaingan mobil segmen Sport Utility Vehicle (SUV) antara Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner semakin ketat.

Setelah Toyota Fortuner meluncurkan versi terbarunya pada Oktober tahun lalu, Mitsubishi Pajero Sport juga turut memperkenalkan versi facelift-nya pada Februari 2021.

Keduanya sama-sama menawarkan desain SUV yang tangguh dengan berbagai keunggulan masing-masing. Mulai dari eksterior, interior, perfoma mesin, hingga fitur-fitur unggulan.

Jika sebelumnya tim redaksi sudah membahas tentang perbandingan eksterior, interior dan perfoma. Kini saatnya membahas fitur-fitur yang dimiliki kedua SUV ladder frame ini. Kira-kira mana yang lebih unggul?

Baca juga: Adu Interior Pajero Sport dan Toyota Fortuner, Siapa yang Lebih Mewah?

Salah satu fitur unggulan Pajero Sport facelift 2021 adalah, Remote Control yang sudah bisa terkoneksi dengan ponsel. Dengan begitu, pengemudi bisa langsung mengakses fungsi mobil, mulai dari mencari posisi kendaraan saat parkir, pengoperasian power tail gate, informasi kendaraan dan lain sebagainya.

Pajero Sport facelift Pajero Sport facelift

Selain itu, Pajero Sport juga sudah dibekali beberapa fitur keselamatan yang cukup mumpuni, antara lain Forward Collision Mitigation (FCM), Ultrasonic Miss-acceleration Mitigation System (UMS), Blind Spot Warning - Lane Change Assist (BSW-LCA), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Electric Parking Brake (EPB), Brake Auto Hold (BAH).

Pajero Sport facelift juga sudah dilengkapi dengan fitur keamanan seperti 7 SRS Airbag, Active Stability & Traction Control (ASTC), Anti-lock Braking System, Electronic Brake Distribution, Brake Assist, telah disematkan juga didukung oleh teknologi RISE (Reinforced Impact Safety Evolution) body, dan Rigid Lightweight body.

Adapun Toyota Fortuner sudah dibekali dengan kamera 360 derajat yang dapat membantu pengemudi ketika parkir.

Dilengkapi dengan beberapa fitur seperti Blind Spot Detection, Lane Departure Warning, Moving Object Detection dan Headway Monitoring Warning, serta wireless charging.

Ilustrasi head unit Toyota Fortuner facelift.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi head unit Toyota Fortuner facelift.

Seluruh fitur tersebut berfungsi untuk memberi peringatan dini pada pengemudi ketika mobil tidak dalam posisi aman saat menggunakan Surround Monitor.

SUV bongsor Toyota ini juga sudah menyematkan fitur keselamatan lain seperti aplikasi Variable Fluid Control (VFC) pada power steering tipe TRD Sportivo, VRZ, dan G yang membuat mobil ini lebih mudah dan nyaman dikendalikan di berbagai tingkat kecepatan, termasuk saat manuver di medan berat.

Fitur-fitur Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS), Trailer Sway Control (TSC), Traction Control (TRC) terdapat di semua model. Sementara Tipe VRZ 4x4 memperoleh tambahan fitur Limited Slip Differential, sedangkan 7 Airbags terdapat di tipe VRZ 4x4 dan G 4x4.

Test Drive Toyota FortunerKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Test Drive Toyota Fortuner

Baca juga: Adu Performa Pajero Sport dan Fortuner, Mana yang Lebih Unggul?

Kesimpulan

Kedua mobil ini sama-sama memiliki keunggulan fitur masing-masing, Mitsubishi Pajero Sport unggul dengan Remote Control yang sudah bisa terkoneksi dengan ponsel, sementara Toyota Fortuner unggul dengan kamerea 360 yang memudahkan pengemudi saat parkir.

Jadi, konsumen tinggal memilih mana yang lebih sesuai dengan kebutuhannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com