Maksimalkan Penggunaan Bahan Bakar, Begini Teknik Eco Driving yang Benar

Kompas.com - 06/08/2021, 13:12 WIB
Ilustrasi berkendara di musim hujan -Ilustrasi berkendara di musim hujan

JAKARTA, KOMPAS.com - Cara mengemudi adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi emisi gas buang dan konsumsi bahan bakar kendaraan dalam penggunaan harian. Dalam jangka waktu cukup panjang, akan mempengaruhi kondisi lingkungan.

Untuk menekan dampak buruknya, pengemudi dapat menerapkan Eco Driving. Teknik ini merupakan cara mengemudi dengan tujuan mengoptimalkan konsumsi BBM agar lebih efisien seraya berperan mengurangi risiko kecelakaan.

"Eco Driving juga salah satu upaya untuk memperpanjang usia pakai kendaraan karena kinerjanya tidak dipaksakan," kata Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dalam keterangan tertulis, Jumat (6/8/2021).

Terdapat tiga faktor yang mempengaruhi teknik Eco Driving, yaitu pengemudi, kondisi mobil, serta lingkungan. Guna memaksimalkan penggunaan BBM, ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh pengemudi, yakni;

Baca juga: Alasan Kenapa Isi Radiator Mobil Tidak Boleh Pakai Air Keran

XL7Bank Kanchanavilai XL7

1. Waktu, rute, dan tujuan perjalanan

Menurut Hariadi, pertama ialah menghitung estimasi waktu berkendara dengan memperhatikan rute perjalanan agar dapat menghindari kemacetan.

"Jika sudah terjebak dalam kemacetan, mobil akan sering melakukan stop and go, kondisi dimana mobil harus berhenti dan dijalankan kembali sesuai dengan kepadatan lalu lintas sehingga mengakibatkan boros bahan bakar," ujarnya.

Namun, selain menghindari kemacetan, dalam menghitung estimasi waktu berkendara, pengemudi juga harus menyediakan waktu lebih jika menghadapi kejadian tidak terduga di perjalanan.

2. Cara mengemudi

Lalu, sebisa mungkin hindari mengemudi secara agresif karena dapat memicu penggunaan bahan bakar yang boros.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.